Sukses

Viral Oknum Dosen Unand Lecehkan Mahasiswi, Begini Kronologinya

Korban pelecehan yang dilakukan oknum dosen Universitas Andalas (Unand) itu disebut-sebut bukan hanya satu orang.

Liputan6.com, Padang - Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, diterpa isu pelecehan seksual yang dilakukan seorang oknum dosen berinisial KC terhadap mahasiswinya.

Kasus ini muncul ke publik beberapa waktu terakhir setelah akun Instagram @infounand mengunggah kasus pelecehan yang dilakukan seorang dosen tersebut, lengkap dengan bukti rekaman percakapan antara dosen dan korbannya.

"Kami awalnya dapat info dari saksi atau teman korban, kemudian ditelusuri dan ternyata juga ada bukti percakapannya dengan pelaku," kata admin Instagram @infounand kepada Liputan6.com, Jumat (23/12/2022).

Kemudian pihaknya mengunggah kasus ini di Instagram yang kemudian viral dan mendapat perhatian publik. Pelaku merupakan dosen di Fakultas Ilmu Budaya Unand.

Admin akun IG yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan, dari hasil penelusuran pihaknya, korban awalnya hendak meminta izin kepada oknum dosen tersebut akan melakukan perjalanan ke luar kota sehingga tak bisa mengikuti mata kuliahnya.

Karena pertemuan kuliah itu sangat penting, oknum dosen mengancam tidak meluluskan korban sehingga terancam mengulang mata kuliah itu kembali.

Dalam unggahan @infounand juga dibuktikan oknum dosen terdengar mencoba mendekati korban secara personal dengan menanyakan latar belakang keluarga, ekonomi hingga cara korban membiayai kuliah dan sebagainya.

Admin Instagram @infounand mengatakan korban ini dicium oleh oknum dosen sebanyak dua kali. Padahal korban sudah berusaha mengelak dan menunjukkan ketidaknyamanannya.

"Kasus ini memang sudah dalam penanganan Satgas PPKS Unand, namun sampai sekarang tidak ada sanksi tegas hanya sekadar menonaktifkan dosen," jelasnya.

Admin @infounand juga membeberkan bahwa korban dari oknum dosen itu tidak hanya satu orang, namun dari data sementara ada 9 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.