Sukses

Hemat Bahan Bakar, Polisi Banten Patroli Lalu Lintas Libur Nataru 2023 Pakai Kendaraan Listrik

Menghadapi libur Natal 2022 dan tahun baru 2023, Polda Banten menggunakan kendaraan listrik untuk patroli serta pengaturan lalu lintas.

Liputan6.com, Serang - Menghadapi libur natal 2022 dan tahun baru 2023, Polda Banten menggunakan kendaraan listrik untuk patroli serta pengaturan lalu lintas di lokasi keramaian maupun kemacetan. Ada dua mobil listrik buatan Korea Selatan, serta tiga motor listrik buatan Amerika Serikat yang akan berkeliling.

Nantinya, kendaraan listrik itu akan berlalu lalang di jalan tol Tangerang-Merak, jalan tol Serang-Panimbang, serta jalan arteri di wilayah hukum Polda Banten.

"Di PJR sudah mengadopsi yang go green, kita sudah mengoperasionalkan beberapa kendaraan listrik, roda empat ada dua unit, roda dua ada tiga unit. Roda empat buatan Korea, sedangkan roda dua buatan Amerika," ujar Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Budi Mulyanto, Kamis (22/12/2022).

Kendaraan menuju Pelabuhan Merak, di Kota Cilegon, Banten, diminta masuk ke dua rest area tol Tangerang-Merak untuk diperiksa tiketnya. Mereka bisa membeli tiket ke petugas PT ASDP Indonesia Ferry Merak yang bertugas di setiap tempat istirahat tersebut.

Setiap kendaraan nantinya akan dipasangi sticker, hanya berwarna hijau saja yang bisa langsung masuk ke pelabuhan tanpa menunggu antrean. Sticker warna hijau berarti tiket sudah lengkap dan waktu tunggu masuk kapal sudah dekat.

"Dailing system pertama di GT Cikupa, pembagian flyer. Kemudian di (rest area) KM43 dan KM68. Manajemen kontigensi kepadatan, kemacetan, keselamatan, di setiap rest area, baik Tangerang-Merak atau Jakarta sudah kita antisipasi, berikut parameternya sudah terukur," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas Menuju Objek Wisata

Polda Banten juga sudah memetakan 10 destinasi wisata yang akan ramai dikunjungi masyarakat, terutama Anyer di Kabupaten Serang hingga Carita di Kabupaten Pandeglang.

Rekayasa lalu lintas disiapkan untuk mengurai antrian libur natal 2022 dan tahun baru 2023 oleh kepolisian.

"Khusus Anyer Carita, ini kita back up oleh Ditlantas Polda Banten, karena menghubungkan dua polres berbeda, yaitu Cilegon dan Pandeglang," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.