Sukses

KAI Sumut Operasikan Sribilah Premium Saat Nataru, Cek Syarat Terbaru Naik Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) atau KAI Sumut mengoperasikan Kereta Api (KA) Sribilah Premiun relasi Medan-Rantauprapat (PP) pada masa Angkutan Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

Liputan6.com, Medan PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) atau KAI Sumut mengoperasikan Kereta Api (KA) Sribilah Premiun relasi Medan-Rantauprapat (PP) pada masa Angkutan Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

Masa Angkutan Nataru tahun ini berlangsung selama 18 hari, mulai 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023. PT KAI Divre I Sumut mengoperasikan KA Sribilah Premium relasi Medan-Rantauprapat (PP) mulai 29, 30, 31 Desember 2022, dan 2, 3, 4 Januari 2023.

Jadwal keberangkatan KA Sribilah Premium, sebagai berikut:

- U58F keberangkatan dari Stasiun Medan

Medan: 10.25 WIB

Tebing Tinggi: 12.34 WIB

Kisaran: 14.10 WIB

Tiba di Stasiun Rantauprapat: 16.23 WIB

- U57F keberangkatan dari Stasiun Rantauprapat

Rantauprapat: 17.25 WIB

Kisaran: 19.48 WIB

Tebing Tinggi: 21.12 WIB

Tiba di Stasiun Medan: 23.05 WIB

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, KA Sribilah Premium merupakan rangkaian kereta kelas ekonomi premium dengan menyediakan 384 tempat duduk penumpang, dan memiliki fasilitas ramah disabilitas.

"Adapun harga tiket untuk KA Sribilah Premium mulai dari Rp 140.000," kata Anwar, Selasa (20/12/2022).

Dijelaskannya, KA Sribilah Premium dioperasikan untuk mengakomodasi kebutuhan perjalanan masyarakat menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru. Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA Sribilah Premium, tiketnya sudah dapat dipesan.

"Untuk tiket, dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access atau channel online lainnya yang bekerja sama KAI," jelasnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Terbaru Naik Kereta Api

Menyusul diterbitkannya Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023, PT KAI Divre I Sumut memberlakukan aturan terbaru naik kereta api mulai 19 Desember 2022.

Dalam SE Kemenkes tersebut disampaikan bahwa penumpang dengan usia 6 sampai dengan 12 tahun yang belum vaksin dapat naik kereta api, dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal mulai 19 Desember 2022:

Syarat Naik KA Jarak Jauh

1. Usia 18 tahun ke atas:

a) Wajib vaksin ketiga (booster)

b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua

b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-12 tahun:

a) Wajib vaksin kedua

b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin

c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan

3. Usia 13-17 tahun:

a) Wajib vaksin kedua

b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

3 dari 3 halaman

Syarat Naik KA Lokal dan Aglomerasi

a) Vaksin minimal dosis pertama

b) Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

d) Pelanggan dengan usia 6-12 tahun tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan

e) Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Selain syarat-syarat tersebut, pelanggan kereta api juga tetap diwajibkan dalam kondisi sehat dan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun. Masker yang digunakan merupakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu.

Untuk membantu masyarakat melengkapi persyaratan vaksin tersebut KAI telah bekerjasama dengan TNI/Polri, Dinas Kesehatan, dan pihak-pihak lainnya dengan menyediakan layanan Vaksinasi bagi pelanggan. Khusus di wilayah Divre I SU layanan vaksinasi terdapat di Klinik Mediska Medan setiap hari Senin, Rabu, Jumat.

"PT KAI akan terus menyosialisasikan kebijakan mengenai aturan baru naik KA ini kepada para pelanggan, dengan harapan para pelanggan mulai mempersiapkan diri dan memahami terkait kebijakan. KAI akan terus berupaya untuk menciptakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat," tutup Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.