Sukses

Mengapa Makan Oatmeal Penting untuk Sarapan Pagi?

Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang sangat baik karena kandungan nutrisinya yang kaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sarapan pagi adalah waktu yang penting untuk mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda menghadapi aktivitas sehari-hari.

Dan salah satu pilihan yang sangat baik untuk sarapan adalah oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut atau soluble fiber yang mampu mengurangi low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Oatmeal atau Oat ini lebih kaya akan protein daripada gandum. Sereal ini dikonsumsi dengan cara diseduh atau direbus.

Oatmeal bisa jadi solusi untuk menu sarapan pagi lantaran makanan ini bebas gluten dan menjadi sumber vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat oatmeal untuk sarapan pagi:

1. Sumber Energi yang Berkelanjutan

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang berkelanjutan untuk tubuh Anda. Ini berarti Anda akan merasa kenyang lebih lama dan tidak merasa lapar dengan cepat setelah sarapan.

Dengan energi yang stabil, Anda akan dapat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa merasa lesu atau lelah.

2. Tinggi Serat

Oatmeal kaya akan serat, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu memperlambat penyerapan gula darah, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan rasa lapar dan kelelahan.

Selain itu, serat juga membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

3. Kaya Nutrisi

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, zat besi, magnesium, dan antioksidan.

Ini adalah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi vitalnya, termasuk metabolisme energi, fungsi otak, dan pertahanan tubuh terhadap radikal bebas yang merusak.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Menurunkan Kolesterol

Oatmeal mengandung beta-glukan, jenis serat larut air yang terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Mengonsumsi oatmeal secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Fleksibilitas dalam Persiapan

Oatmeal merupakan makanan yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi Anda.

Anda dapat menambahkan berbagai topping seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, atau bahkan sedikit madu atau cinnamon untuk menambah rasa dan nutrisi.

Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang sangat baik karena kandungan nutrisinya yang kaya, efek positifnya pada kesehatan, dan kemampuannya untuk memberikan energi yang berkelanjutan.

Dengan memasukkan oatmeal ke dalam menu sarapan Anda secara teratur, Anda tidak hanya akan merasa kenyang dan bertenaga untuk memulai hari Anda, tetapi juga membantu menjaga kesehatan jantung, pencernaan, dan kesehatan secara keseluruhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.