Sukses

Intip Nikmatnya Ayam Goreng Mbah Karto, Kuliner Khas Sukoharjo Langganan Presiden Jokowi

Ayam goreng adalah makanan yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Berikut ini ayam goreng nikmat yang juga disukai oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Bandung - Ayam Goreng merupakan hidangan yang populer di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Makanan ini bisa dijumpai di berbagai tempat mulai di pinggir jalan hingga restoran mewah.

Menu ayam goreng selalu jadi favorit banyak orang karena biasa diolah sebagai makanan yang memiliki tekstur nikmat dengan rasa yang gurih. Dagingnya yang empuk dengan bumbu rempah yang kaya menjadikan makanan ini memiliki banyak penggemar.

Ayam goreng biasanya diolah hingga kulitnya menjadi renyah dan garing hingga memberikan sensasi yang disukai banyak orang. Makanan ini juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga banyak orang menyukai makanan tersebut.

Selain harganya ayam goreng juga mempunyai berbagai variasi rasa dan jenisnya yang bisa dipilih oleh para penggemar makanan ayam. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis makanan yang berbahan dasar ayam.

Tentunya menu ayam goreng merupakan salah satu jenis yang paling populer terutama rasanya yang khas penuh bumbu. Diketahui tempat ayam goreng yang wajib untuk dicoba adalah Ayam Goreng Mbah Karto.

Ayam Goreng Mbah Karto dikenal sebagai hidangan populer yang disukai oleh banyak orang termasuk sosok Presiden Indonesia, Joko Widodo. Saat ini Ayam Goreng Mbah Karto bisa ditemui di berbagai daerah karena terdapat cabang-cabangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto memulai bisnisnya di Kabupaten Sukoharjo dan mempunyai tempat makan sederhana bernuansa Jawa. Tempat makan ini menyediakan meja hingga kursi kayu untuk pengunjungnya untuk makan dengan nyaman.

Meskipun sederhana tempat makan ini sudah berdiri sejak 1960-an dan masih bertahan sampai sekarang. Bahkan pelanggannya selalu bertambah mulai dari masyarakat lokal hingga tokoh-tokoh populer di Indonesia.

Alamat Ayam Goreng Mbah Karto yang paling terkenal ada di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto Nomor 8, Gabusan, Jombor, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Tempatnya buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 19.00 dan memiliki rating 4.6 dari total 6.344 ulasan pengguna di Google. Lokasinya berada di pinggir jalan sehingga para pelanggan bisa dengan cepat menemukan rumah makan ini.

3 dari 3 halaman

Menu Populer Ayam Goreng Mbah Karto

Seperti namanya menu paling populer di tempat ini adalah ayam goreng kampung yang memiliki bumbu pekat penuh rasa. Diketahui ayamnya berasal dari ayam kampung muda yang kurang lebih berusia 3 bulan.

Rasa ayam goreng di tempat ini dikenal sangat nikmat sampai ke tulang karena sebelum digoreng ayamnya sudah diungkep terlebih dahulu pada wadah di atas kompor yang menggunakan kayu bakar.

Kemudian ayamnya memiliki bumbu bacem, bawang putih, hingga rempah-rempah lainnya yang menjadikan rasanya nikmat dengan aroma yang menggugah selera. Banyak masyarakat menilai bumbu ayam gorengnya yang khas menjadikan tempat ini selalu punya pelanggan.

Selain ayam goreng para pelanggan juga menyukai sambalnya yang khas bernama sambal blondho dan bawang. Sambal ini terbuat dari ampas minyak endapan santan kental atau areh matang dengan sambal bawang.

Diketahui menu sambal ini juga jadi salah satu favorit Presiden Jokowi ketika menikmati sajian makanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.