Sukses

5 Kuliner Khas Medan yang Patut Dicoba, dari 'Spageti Batak' sampai Kolak Durian

Makanan khas Medan dikenal memiliki cita rasa khas, sehingga banyak dicari oleh pencinta kuliner.

Liputan6.com, Medan - Medan menjadi salah satu kota tujuan para wisatawan saat berkunjung ke Sumatera Utara. Ibu kota Provinsi Sumut ini tak hanya memiliki beragam destinasi wisata menarik.

Namun, juga ragam kuliner yang pantang untuk dilewatkan. Makanan khas Medan dikenal memiliki cita rasa khas, sehingga banyak dicari oleh pencinta kuliner.

Mulai dari makanan manis, gurih, serta makanan ringan hingga makanan berat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet kuliner Medan yang patut dicoba.

1. Soto Medan

Soto menjadi ragam makanan Indonesia yang hampir dapat ditemui di seluruh nusantara, tak kecuali Medan. Soto Medan memiliki ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat dan sedikit kehijauan.

Makanan khas Medan ini dikenal cita rasa khas racikan rempah-rempah yang pekat, terutama rasa jinten yang mendominasi. Isian soto Medan dapat bervariasi, mulai dari udang, suwiran ayam, dan daging sapi.

Soto Medan paling enak disantap dengan perkedel kentang dan rempeyek udang. Harga soto ini juga relatif murah yaitu mulai dari Rp 25.000 per porsi.

Makanan khas Medan ini dapat dengan mudah ditemukan diberbagai sudut kota. Mulai dari warung kaki lima hingga restoran berbintang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kari Bihun Tabona

Kari bihun menjadi salah satu makanan khas Medan yang populer akan kelezatannya. Makanan khas Medan ini berupa bihun, daging, kentang dan kuah kari yang autentik.

Kuah kari yang gurih dan rasa daging berserat yang lezat akan memanjakan lidah penikmat makanan ini. Harga kari bihun tabona dipatok mulai dari Rp 26.000 per porsinya.

3. Mie Gomak

Mi gomak merupakan makanan khas Medan yang berasal dari wilayah Balige di Tepian Danau Toba. Mi Gomak kerap disebut sebagai spaghetti ala Batak.

Pasalnya mi yang digunakan dalam kuliner ini memang mirip dengan spaghetti. Selain itu, bahan mi untuk kuliner khas ini hanya dibuat di Sumatera Utara dan biasa disebut sebagai mi lidi.

Biasanya, mi gomak diolah dengan cara direbus dan disantap dengan kuah santan kuning. Mi gomak akan terasa lebih nikmat jika dicampur dengan andaliman, mericanya khas Batak yang akan disukai oleh para penikmat kuliner pedas.

Seporsi mi gomak dibanderol mulai dari Rp 20.000 per porsinya.

 

3 dari 3 halaman

4. Lontong Medan

Lotong medan merupakan menu sarapan yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota Batak ini. Lontong medan terkenal dengan kuah lontongnya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Berbeda dengan lontong pada umumnya, campuran untuk lontong medan bak paket komplit dengan ada tauco medan, sambal teri medan, bihun goreng, dan dilengkapi kerupuk yang menambah kenikmatannya. Rasa gurih dari kuah kari dipadukan dengan irisan lontong dan sayur nangka membuat lontong Medan ini menjadi menggoda untuk dicoba.

Harga seporsi lontong medan dibanderol cukup murah, mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

5. Kolak Durian

Bagi para pencinta buah durian, Medan adalah salah satu surganya durian di Indonesia. Di Medan juga banyak sekali olahan durian yang tentunya lezat dan menggugah selera, salah satunya adalah kolak durian.

Kolak durian memiliki rasa manis yang nikmat, tentu berbeda dengan kolak lain yang menggunakan kacang hijau. Kolak durian memiliki rasa yang jauh lebih nikmat.

Kolak durian bisa dinikmati kapan saja. Terlebih ketika cuaca sedang panas.

Kolak ini disajikan dengan es dan gula yang tentunya menambah kesegaran bagi makanan ini. Kolak durian dijual dengan harga yang relatif murah yaitu antara Rp 8.000 sampai Rp 10.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.