Sukses

Bukan Lagi Al Rihla, Al Hilm Jadi Bola Resmi Semifinal dan Final Piala Dunia 2022

Pada semifinal dan final nanti, posisi Al Rihla akan digantikan oleh Al Hilm.

Liputan6.com, Yogyakarta - Adidas meluncurkan bola resmi khusus untuk laga semifinal dan final Piala Dunia 2022. Bola ini diberi nama Al Hilm.

Penggunaan nama tersebut merupakan kesinambungan dari bola yang selama ini digunakan, yakni Al Rihla yang berarti 'perjalanan'. Adapun desain Al Hilm dibuat dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus.

Corak tersebut terinspirasi dari beberapa hap, seperti padang pasir yang berkilauan di sekitar kota Doha, warna trofi Piala Dunia, dan pola bendera Qatar. Seperti Al Rihla, Al Hilm yang berarti 'mimpi' juga dilengkapi teknologi sensor di dalamnya.

Teknologi pada bola ini menyertakan teknologi Adidas 'Connected Ball', yang sebelumnya ada di Al Rihla. Selain itu, ada juga sensor IMU (Inertial Measurement Unit) di dalam bola yang mendukung pengambilan keputusan lebih cepat dan akurat.

Penggabungan antara data bola yang ditangkap sensor IMU dan penerapan kecerdasan buatan, mendukung sistem offside semi-otomatis. Hal ini sangat berguna untuk memberikan momen tepat ketika bola dimainkan dalam situasi offside yang ketat.

Direktur Teknologi & Inovasi Sepak Bola FIFA, Johannes Holzmueller mengatakan, tak ada teknologi terbarukan yang digunakan di dalam Al Hilm. Bola tersebut masih memiliki teknologi serupa layaknya Al Rihla.

Dengan adanya perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan adanya tambahan informasi penting untuk petugas Video Assistant Referee (VAR) pertandingan. Selain itu, data dari bola dapat membantu membuka wawasan baru untuk menceritakan momen-momen unik di lapangan Piala Dunia kali ini.

Sebelumnya, laga Piala Dunia 2022 Qatar menggunakan bola Al Rihla. Hingga pada semifinal dan final nanti, posisi Al Rihla akan digantikan oleh Al Hilm.

Adapun semifinal Piala Dunia 2022 akan digelar Rabu dan Kamis (14-15/12/2022) dini hari. Perebutan tempat ketiga akan digelar Sabtu (17/12/2022) malam, sedangkan partai final berlangsung Minggu (18/12/2022) malam.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.