Sukses

Erina Jalani Tradisi Pelangkah, Minta Izin Menikah dari Kedua Kakaknya

Liputan6.com, Yogyakarta - Calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, memohon doa restu dan izin kepada kedua kakaknya, Allen Gudono dan Nadya Gudono, untuk melangsungkan pernikahan terlebih dahulu. Dalam masyarakat Jawa, prosesi ini disebut tradisi pelangkah atau langkahan.

Tradisi pelangkah dilakukan Erina dalam rangkaian prosesi siraman dan majang pasarean (prosesi menata tempat tidur pengantin perempuan) di kediamannya, Jumat (9/12/2022). Dalam tradisi tersebut, Erina memohon doa restu sekaligus izin kepada kedua kakaknya untuk melangkah lebih dahulu ke jenjang pernikahan.

Tradisi ini dilakukan Erina dengan bersimpuh (sungkeman) di hadapan ibu dan kedua kakaknya. Ia juga mengikrarkan serangkaian kalimat agar diizinkan dan direstui pernikahannya.

"Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Mas Allen dan Mbak Nadya yang saya hormati, Erina mohon maaf karena Erina mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Pada besok, siang hari Sabtu 10 November 2022, Erina akan melangsungkan akad nikah dengan Mas Kaesang Pangarep. Erina mohon doa restu dari Mas Allen dan Mbak Nadya. Semoga akad nikah Erina dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan kita bersama," ungkap Erina.

Usai ungkapan tersebut, kedua kakaknya pun menyampaikan ikrar berupa pemberian restu dan izin pada Erina. Allen mengatakan, "Adikku, Erina, yang mas sayangi. Kakak ikhlas lahir batin. Semua itu sudah menjadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Semoga pernikahanmu yang akan dilaksanakan esok dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama."

Sementara itu, dalam ikarnya Nadya Gudono mengungkapkan kalimat serupa. Ia berkata, "Adikku, Erina yang Mbak sayangi. Mbak Nadya ikhlas lahir batin, semua itu sudah menjadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Doaku, semoga pernikahanmu yang akan dilaksanakan besok dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama."

Baca juga: Sibuk Ikuti Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina, Bagaimana Tugas Kenegaraan Presiden Jokowi?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bukan Hanya Minta Restu

Mengutip dari 'Tradisi Pernikahan Melangkahi Saudara Kandung dalam Perspektif Ajaran Pernikahan Islam di Desa Margorejo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus' oleh Akhmad Rifa'i, pelangkah, langkahan, atau nglangkahi berasal dari bahasa Jawa yang berarti melangkahi.

Bukan hanya perihal izin dan restu, tradisi ini juga dilengkapi dengan pemberian pelangkah berupa barang, uang, atau hal lain.

Prosesi ini biasanya menyertakan beberapa sarana. Sarana tersebut berupa tumpeng nasi putih, ayam panggang, bunga setaman, teken (tongkat) atau tebu wulung serta pucut, dan pelangkah.

Sebagaimana diketahui, Erina Gudono akan segera dipersunting putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Akad nikah keduanya akan berlangsung di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS