Sukses

Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina Laksanakan Prosesi Siraman, Gunakan Air dari 7 Sumber

Liputan6.com, Bandung - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini tengah melaksanakan prosesi siraman sebelum menikah. Acara siraman yang dilaksanakan di kediaman Erina Gudono di Yogyakarta dan juga di kediaman Presiden Jokowi di Solo.

Erina Gudono juga melakukan sungkeman atau meminta restu dari ibunya dan juga melaksanakan tradisi langkahan yaitu sebuah tradisi untuk meminta izin kepada kedua kakaknya Allen Gudono dan Nadia Gudono untuk mendahului menikah.

Erina juga melakukan sungkem kepada istri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Istri Paku Alam X, dan KGBRAy Atika Purnomowati.

Tidak hanya itu, prosesi siraman yang dilaksanakan oleh Erina Gudono juga dibasuh oleh tujuh orang yaitu tentunya Ibu dari Erina, Sofiatun Gudono, Istri Sultan Hamengkubuwono X, Istri Paku Alam X, GKR Hemas, GKBRAy Atika Purnomowati, Istri Mensesneg Pratikno, Siti Faridah Pratikno, Sutati Muhaimin, Zulaikha Surenggane, dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Siraman ini juga dibasuh dengan tujuh air yang bersumber dari tempat-tempat berbeda yaitu yang pertama dari rumah Erina, kedua dari rumah presiden Joko Widodo, ketiga dari Keraton Kilen, keempat dari Pakualaman, kelima dari Puro Mangkunegaran, keenam dari Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, dan yang ketujuh adalah air zamzam dari Tanah Suci Mekkah. Adapun basuhan air dari tujuh sumber berbeda tersebut juga dicampur dengan bunga setaman.

Setelah prosesi siraman selesai acara selanjutnya adalah muloni atau mengucurkan air klenting dan mecah pamor. Tradisi tersebut adalah memecah kendi yang berisikan air siraman dan pecahnya air kendi tersebut berarti pecahnya pamor dari calon mempelai putri.

Erina Gudono juga menjalankan prosesi potong rikma yaitu memotong rambut Erina dan juga prosesi lain seperti potong tumpeng, tanem rikma yaitu menanam rambut Erina dan Kaesang yang telah dipotong, lalu ada dulangan dan juga melepas ayam serama.

Siraman Kaesang Pangarep

Kaesang pun menjalani prosesi siraman tersebut di kediaman rumah Jokowi di Solo adapun prosesi siraman dari putra bungsu Presiden Joko Widodo ini pun juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti Menko Polhukam Mahfud Md hingga Menko Marvers Luhut Binsar Pandjaitan.

Adapun yang menyiram air kembang kepada Kaesang yaitu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud Md, Menlu Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan istrinya, Idong Setyo Husodo dan istri, dan tentunya kakak dari Kaesang yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS