Sukses

Mengenal Agustin, Kuda Langganan Jokowi yang Akan Menarik Kereta Kencana Kaesang

Liputan6.com, Yogyakarta - Perhelatan ngunduh mantu Jokowi akan digelar pada Minggu (11/12/2022) di Solo, Jawa Tengah. Pada pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono kirab kereta kencana juga menjadi salah satu rangkai acara ngunduh mantu tersebut.

Total ada 28 ekor kuda yang akan dilibatkan dalam kirap kereta kencana yang membawa rombongan pengantin beserta keluarga. Diantara 28 ekor kuda tersebut, ada 1 ekor kuda yang cukup istimewa, yakni kuda betina bernama Agustin.

Kuda Agustin ternyata bukan hanya sekali dilibatkan pada prosesi pernikahan putra-putri Presiden Jokowi. Sebelumnya, kuda tersebut juga terlibat dalam pesta pernikahan putra sulung dan putri kedua Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu, untuk menarik kereta yang ditumpangi pasangan pengantin.

Dikutip dari berbagai sumber, kuda bernama Agustin tersebut milik peternak kuda asal Solo, Mujiono. Bahkan, Agustin pernah menarik kereta yang ditumpangi Presiden Jokowi saat pertama kali terpilih sebagai Presiden RI.

Kuda betina ini berwarna cokelat dan cukup mudah dikendalikan saat berada di kerumunan. Agustin merupakan kuda hasil kawin silang dari jenis kuda Sumbawa dan Australia.

Meski akan tampil menarik kereta kencana, kuda berumur 1 tahun ini tidak menjalani perawatan khusus. Kuda tersebut hanya diberi makanan dan minuman secara teratur serta vitamin.

Nantinya, Agustin dan 1 kuda lainnya akan menarik kereta kencana pada kirap pernikahan Kaesang dan Erina. Kirab kereta kencana Kaesang dan Erina akan dimulai dari Loji Gandrung hingga ke Pura Mangkunegaran.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS