Sukses

Benar-Benar Terjadi, Ini 9 Fakta Unik Sepanjang Sejarah Sepak Bola

Liputan6.com, Yogyakarta - Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang cukup populer di dunia. Hampir setiap negara memiliki tim sepak bola yang dipersiapkan untuk mewakili negaranya di ajang internasional.

Sebagai sebuah olahraga sekaligus hiburan, tak jarang beberapa hal menarik terjadi. Hal-hal unik dan menarik ini seolah memberi gambaran sisi lain di balik lapangan hijau.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut sembilan fakta unik yang ada di sepanjang sejarah sepak bola:

1. 36 kartu merah dalam satu pertandingan

Rekor kartu merah terbanyak tercatat pada pertandingan Claypole vs Victoriano Arenas pada 2011 lalu. Pada pertandingan tersebut, 36 kartu merah diberikan oleh wasit kepada pemain.

Hal ini menyebabkan seluruh pemain dalam pertandingan dikeluarkan dari lapangan. Kabarnya, peristiwa ini dilatarbelakangi adanya perkelahian antar pemain.

2. Bola awalnya terbuat dari kertas mache

Awalnya, sepak bola dimainkan dengan bola berbahan kertas mache. Kertas mache adalah bubur kertas. Sayangnya bahan ini mudah rusak, sehingga seiring berjalannya waktu penggunaan materialnya pun diubah.

3. Kejadian memalukan Giuseppe Meazza

Legenda sepak bola Italia, Giuseppe Meazza memiliki pengalaman yang tak terlupakan sepanjang hidupnya. Saat akan mengeksekusi tendangan penalti di Piala Dunia 1983, celana pendeknya terjatuh. Meski demikian, ia tetap berhasil mencetak angka.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Petir

4. Petir di Republik Kongo

Sebuah kejadian nahas terjadi di Republik Kongo. Petir menyambar saat pertandingan dan menyebabkan salah satu tim harus merelakan para pemainnya tewas dan 30 orang lainnya luka-luka. Anehnya, tak ada satu orang pun dari tim lainnya yang tersambar petir dalam insiden tersebut.

5. Rekor skor tertinggi 149-0

Dalam sejarah sepak bola, pernah terukir skor tertinggi, yakni 149-0. Skor tersebut tercipta saat laga AS Adema dan Stade Olympique de L’emyrne (SOE).

Menariknya lagi, ratusan gol yang tercipta itu merupakan gol bunuh diri yang dilakukan SOE. Hal tersebut merupakan bentuk protes SOE kepada wasit.

6. Ronaldinho cetak puluhan gol dalam satu pertandingan

Ronaldinho merupakan sosok legenda bintang sepak bola. Saat remaja, ia sempat mencuri perhatian karena menciptakan 23 gol dalam satu pertandingan.

Kejadian itu terjadi saat ia masih duduk di bangku kelas lima sekolah dasar. Usai kejadian tersebut, ia sempat menjadi bintang iklan. Selain itu, aksinya tersebut juga membuat publik Brasil mengetahui bakat besarnya.

7. Sejarah peperangan El Salvador dan Honduras

Salah satu kejadian unik lainnya adalah perang El Salvador dan Honduras. Peperangan tersebut terjadi usai laga kualifikasi Piala Dunia 1970 antara El Salvador va Honduras.

Dalam laga tersebut, El Salvador berhasil mengalahkan Honduras dan berhak melaju ke Piala Dunia 1970. Kemenangan El Salvador pun menambah ketegangan yang terjadi antara kedua negara setelah sebelumnya sudah memanas lantaran konflik politik.

Perang selama empat hari pun tak terhindarkan. Perang Sepak Bola (La guerra del fútbol dalam bahasa Spanyol) ini juga dikenal sebagai Perang Seratus Jam.

8. Sepakbola pertama kali dimainkan di Newgate, London

Newgate merupakan salah satu tahanan yang paling mengerikan di London. Kabarnya, para tahanan di sini dipotong tangannya tanpa ampun. Lalu, para tahanan memainkan bola yang dimainkan dengan kaki mereka.

9. Timnas India tidak diizinkan tampil di Piala Dunia

Pada 1950, Timnas India sempat dilarang tampil di ajang Piala Dunia. Hal tersebut terjadi karena FIFA melarang tim bermain sepak bola tanpa sepatu atau alas kaki.

Pada masa tersebut, India memang sedang dalam kesulitan. Para pesepak bola India pun bermain tanpa alas kaki dan menyebabkan mereka gagal melaju ke Piala Dunia.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS