Sukses

Tips Praktis Memperbaiki Barang Elektronik yang Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Barang-barang rumah tangga saat ini banyak didominasi oleh peralatan elektronik. Mulai dari alat-alat hiburan hingga kebutuhan rumah tangga seperti alat memasak ataupun lain sebagainya saat ini banyak jenisnya elektronik.

Namun jika barang elektronik di rumah rusak, tentunya cara lain untuk bisa menggunakannya kembali adalah dengan memperbaikinya. Ada banyak cara dalam memperbaiki alat elektronik dengan memeriksa rangkaian dari alat tersebut.

Salah satu contohnya adalah dengan memeriksa kondisi alat apakah rusak bagian eksternalnya atau bagian internalnya saja. Adapun kanal YouTube Sea Geat Art membagikan salah satu tipsnya dalam memperbaiki elektronik yang rusak seperti berikut:

1. Hal pertama yang harus dilihat adalah fuse-nya karena setiap alat elektronik mempunyai fuse. Fuse sendiri merupakan pengaman dalam rangkaian elektronik maupun perangkat listrik. Adapun fuse dasarnya terdiri dari sebuah kawat halus pendek yang akan meleleh dan terputus jika dialiri arus listrik yang berlebih atau arus pendek.

2. Jika fuse putus membuat arus listrik tidak bisa masuk ke dalam rangka elektronik. Sehingga tidak merusak komponen-komponen yang terdapat dalam rangkaian elektronik yang bersangkutan karena fungsinya dapat melindungi peralatan listrik atau elektronik dari kerusakan arus listrik.

3. Pada fuse, ada dua terminal yang dipasang secara seri dengan rangkaian elektronik yang akan dilindunginya sehingga apabila fuse terputus maka akan terjadi open sirkuit dan memutuskan aliran listrik agar tidak masuk kedalam rangkaian yang dilindungi.

4. Dalam fuse terdapat sebuah kawat yang halus dan apabila terputus hal tersebut karena adanya arus berlebih yang tidak sesuai dengan kekuatan kawai tersebut. Ada alat yang untuk mengukur fuse yaitu multimeter analog atau digital untuk memeriksa fuse dalam kondisi baik atau tidak.

5. Contohnya saja jika fuse menunjukan 0 Ohm, kondisi fuse dalam kondisi baik namun jika sebaliknya dan menunjukan tak terhingga maka fuse dalam kondisi terputus atau terbakar.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jasa Servis Perbaikan

Hal tersebut adalah cara singkat yang dibagikan oleh kanal YouTube Sea Geal Art dalam memperbaiki elektronik yang rusak. Karena untuk mengetahui kondisi elektronik apakah dari aliran listriknya saja atau ada hal yang lain.

Namun untuk lebih jauh memastikannya tentunya bisa menggunakan jasa servis elektronik yang bisa dicari disekitar rumah Anda. Melakukan servis elektronik juga menjadi salah satu bentuk memperbaiki elektronik yang mungkin masih bisa digunakan dan menghindari dari electronic waste atau sampah elektronik.

Jika elektronik sudah benar-benar rusak perlu diketahui, Anda tidak bisa membuangnya sembarangan dan harus membuangnya kepada tempat khusus. Hal tersebut dikarenakan limbah dari elektronik sebagian besar mengandung berbagai materi berbahaya untuk lingkungan dan kehidupan bahkan ada limbah elektronik yang sifatnya seperti racun atau toxic.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS