Sukses

Jelang Pernikahan, Kaesang dan Erina Ziarah Makam Penguasa Mangkunegaran di Kaki Gunung Lawu

Liputan6.com, Solo - Menjelang pernikahan, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menziarahi makam para penguasa Pura Mangkunegaran, Solo. Ziarah tersebut dilakukan lantaran prosesi resepsi tasyakuran pernikahan kedua calon mempelai akan digelar di Pura Mangkunegaran pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Kaesang Pangarep tampak mengenakan busana adat beskap Jawi Jangkep berwarna hitam saat ziarah ke makam para penguasa Pura Mangkunegaran yang dimakamkan di sejumlah kompleks di Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022). Sedangkan sang kekasih, Erina terlihat mengenakan busana kebaya hitam dengan rambut disanggul.

Makam pertama yang diziarahi kedua calon mempelai yakni makam Pangeran Sambernyawa di Astana Mangadeg. Saat menziarahi makam-makam penguasa kadipaten Mangkunegaran itu, mereka didampingi Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat dan sejumlah abdi dalem. Selama ziarah, Kaesang dan Erina tak memakai alas kaki alias nyeker.

Di Astana Mangadeg yang terletak di kaki Gunung Lawu itu, Kaesang dan Erina tidak hanya ziarah di makam Pangeran Sambernyawa tetapi juga di makam KGPAA Mangkunegara II dan III. Selain berdoa, kedua calon pengantin itu juga melakukan tabur bunga di makam-makam ‘raja’ Pura Mangkunegaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Enggan Komentar

Usai dari Astana Mangadeg, dua sejoli itu melanjutkan ziarahnya ke Astana Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Di kompleks makam tersebut dimakamkan sejumlah penguasa Pura Mangkunegaran, antara lain KGPAA Mangkunegara IV, V, VII, VIII, dan IX.

Kemudian ziarah ke penguasa Kadipaten Mangkunegara berakhir di Astana Oetara yang terletak di Nayu, Kecamatan Banjarsari, Solo. Di kompleks makam itu dimakamkan penguasa Pura Mangkunegara, KGPAA Mangkunegara VI.

Usai berziarah ke sejumlah makam penguasa leluhur Pura Mangkunegara, Kaesang terlihat enggan memberikan jawaban maupun keterangan saat dicegat wartawan. Ia yang berjalan menggandeng tangan sang kekasih hanya memberikan kode dengan meletakkan jari telunjuk di depan bibirnya. “Ssstttt,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Ziarah 9 Makam Penguasa Mangkunegaran

Sementara itu, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat mengatakan, Kaesang dan Erina berangkat ziarah ke makam para penguasa leluhur Pura Mangkunegaran sekita pukul 08.00 WIB. Makam pertama yang dizarahi merupakan makam pendiri Pura Mangkunegaranm yakni R.M Said alias Pangeran Sambernyawa yang dimakamkan di Astana Mangadeg, Matesih, Karanganyar.

“Pertama itu ke Mangadeg terus Girilayu dan Nayu. Tiga (komplek pemakaman) itu sudah sembilan yang jumeneng (sembilan makam penguasa Pura Mangkunegara),” kata Lilik melalui sambungan telepon, Selasa (29/11/2022).

Seperti diketahui usai menggelar prosesi ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Kaesang dan Erina akan diarak dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran yang berjarak sekitar 1,8 kilometer. Di istana kadipaten itu, pasangan tersebut akan melakukan tasyakuran resepsi pernikahan yang dihadiri tamu undangan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS