Sukses

Truk Gendut Jangan Coba-Coba Nekat Lewat Tol Pekanbaru-Bangkinang

Liputan6.com, Pekanbaru - Truk over dimension over loading (ODOL) dikeluhkan sebagai perusak jalan di berbagai daerah. Keberadaannya juga diwaspadai pengelola Tol Pekanbaru-Bangkinang karena dikhawatirkan mempercepat kerusakan jalan tanpa hambatan di Kabupaten Kampar itu. 

Sebagai antisipasi, pengelola Tol Pekanbaru-Bangkinang bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau akan memasang sistem Weight in Motion (WIM). Teknologi ini disebut dapat mendeteksi kendaraan berkategori truk ODOL

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Polda Riau Komisaris Budi Setiawan menjelaskan, teknologi WIM sedang dipasang dan aktif bulan depan. 

"Bagi kendaraan ODOL yang masih coba-coba nekat masuk tol, maka petugas akan melakukan penegakan hukum," tegas Budi, Senin siang, 28 November 2022.

Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah beroperasi gratis sejak beberapa pekan lalu. Nantinya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sehingga sarana dan prasarana dilengkapi. 

Menurut Budi, kelengkapan Tol tersebut sudah baik. Mulai dari sarana dan prasarana, rambu lalu lintas, pita kejut, hingga scotlight atau pemantul cahaya.

"(Tinggal) rest area belum siap, baru siap lokasinya saja, dalam beberapa waktu ke depan sudah tersedia," ucapnya.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pemasangan ETLE

Selain itu, Tol Pekanbaru-Bangkinang juga akan dipasang kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Hal serupa juga dipasang di Tol Pekanbaru-Dumai. 

Budi mengatakan, Satuan PJR Ditlantas Polda Riau terus melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Kampar untuk patroli dan pengamanan Tol Pekanbaru - Bangkinang. Petugas siap mengamankan jalur hingga penanganan kecelakaan lalu lintas. 

"Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah siap dioperasikan penuh, menunggu peresmian, informasi awal akan diresmikan serentak bersama Tol di Bengkulu oleh Presiden Jokowi," katanya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS