Sukses

Jangan Sampai Terlewat, Deretan Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Solo Jawa Tengah memiliki berbagai banyak cerita menarik dengan karakteristik masyarakat yang beragam. Kota tempat kelahiran Presiden Joko Widodo tersebut menyimpan segudang informasi dan warisan kuliner yang tak kalah menarik.

Bahkan, terdapat banyak kuliner khas Solo yang tentunya bisa dinikmati dan tentunya akan menggugah selera makan.

Kuliner asli Solo ini terdapat berbagai macam jenis, mulai dari makanan ringan sampai ke makanan berat.

Berikut deretan kuliner Solo Jawa Tengah yang wajib dicicipi saat sedang berlibur:

Serabi Notosuman

Jika mendengar kata serabi pastinya Anda sudah membayangkan tekstur serabi yang memiliki bentuk tebal. Eits jangan salah, serabi asli Solo ini memiliki bentuk yang tipis dengan tekstur lembut.

Serabi notosuman ini juga memiliki rasa yang manis dengan pinggiran yang renyah. Serabi notosuman ini cukup legendaris dan selalu ramai pembeli, ada dua varian rasa diantaranya serabi original dan serabi cokelat.

Apalagi cara pengolahannya masih mempertahankan cara lama yakni menggunakan tungku kecil yang dimasak menggunakan kayu bakar.

Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu ini memiliki isian utama yaitu nasi yang memiliki rasa gurih karena diolah dengan menggunakan santan, kemudian ada sayur pepaya yang masih muda dan pedas, tahu kuning, dan bubur santan.

Dihidangkan menggunakan daun pisang, Nasi Liwet Wongso Lemu ini juga memiliki berbagai macam lauk pauk mulai dari ayam kampung, jeroan dan telur kukus.

Untuk bisa menikmatinya, Anda juga bebas memilih lauk pauknya sesuai selera Anda.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tengkleng

Berlokasi di Pasar Klewer, Tengkleng Bu Edi selalu ramai pembeli maka jangan berleha-leha untuk bisa mendapatkan kudapan yang satu ini. Karena dalam hitungan jam saja Tengkleng Bu Edi sudah ludes terjual.

Makanya, jika kalian ingin menikmati lezatnya Tengkleng Bu Edi ini kalian harus sudah datang sebelum tempat ini dibuka. Tengkleng Bu Edi ini buka mulai pukul dua siang WIB.

Jika kalian membeli Tengkleng Bu Edi ini, kalian akan mendapatkan nasi putih ditambah dengan olahan jeroan kambing dan tulang belulangnya, serta siraman kuah berwarna kuning.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS