Sukses

Hati-Hati, 8 Destinasi Wisata Indonesia Ini Konon Bikin Putus Cinta 

Liputan6.com, Yogyakarta - Pergi ke berbagai destinasi wisata merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika berkunjung bersama teman, keluarga, saudara, atau pasangan.

Terlebih ada banyak berbagai destinasi wisata Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Namun jangan sampai salah, ada beberapa destinasi wisata yang menyimpan mitos.

Salah satunya ialah mitos tempat wisata yang dapat membuat hubungan tidak langgeng atau putus cinta. Meski hanya mitos, banyak orang yang mempercayai mitos tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata yang konon dapat membuat putus cinta.

1. Alun-alun Kidul, Yogyakarta

Pohon beringin di Alun-Alun Kidul Yogyakarta yang terkenal akan tradisi masangin ini juga penuh dengan mitos. Setiap orang dengan mata tertutup bisa berjalan melewati kedua pohon beringin ini, maka orang tersebut memiliki hati yang bersih.

Uniknya cukup sulit untuk melakukan hal itu di sini. Konon mitos ini berawal dari tantangan melewati pohon beringin dari putri Sri Sultan Hamengku Buwono I yang ingin dipinang oleh seorang pria. Karena kurang menyukai pria tersebut, putri sultan kemudian memberikan tantangan untuk melewati pohon beringin ini, sehingga pria tersebut gagal meminang putri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Jembatan Merah Kebun Raya, Bogor

Kebun raya bogor menjadi salah satu destinasi wisata populer yang memiliki banyak peminat. Meski begitu, destinasi wisata ini juga dipercaya dapat menyebabkan kandasnya hubungan seseorang.

Konon, jika ada pasangan yang melewati jembatan merah yang berada di Kebun Raya Bogor akan langsung putus. Sebaliknya, jika seorang single yang melewati jembatan ini akan mendapatkan pasangan.

3. Candi Gedong Songo, Semarang

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dinamakan Gedong Songo karena memang ada 9 candi di kawasan tersebut.

Konon jika sedang berada di kawasan candi ini, jangan coba-coba untuk menggombal kepada pasangan. Karena bila mengeluarkan rayuan gombal, dipercaya akan membuat hubungan percintaan akan putus di tengah jalan.

4. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Jateng dan Yogyakarta ini terkenal dengan kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang ini menyimpan mitos. Bagi pasangan yang belum menikah dan datang ke sini maka hubungannya akan kandas di tengah jalan.

Awal mula mitos ini beredar adalah pada zaman dulu banyak pasangan yang mau menikah berdoa dan memberi sesaji kepada patung Roro Jonggrang. Namun, ada pasangan yang justru gagal menikah setelah berdoa di sana.

Jadi, hal itu dianggap sebagai mitos yang dipercaya sampai sekarang bahwa pasangan yang belum menikah bisa putus bila nekat berkunjung ke candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini.

5. Batu Raden, Jawa Tengah

Batu Raden merupakan tempat wisata yang terletak di Banyumas, Jawa Tengah. Daerah ini berada di lereng selatan Gunung Slamet dan dikenal sebagai Kawasan wisata yang menarik lantaran udara segar dan sejuk yang jadi daya tarik tersendiri.

Dibalik itu semua, konon jika kamu mengunjunginya dengan pasangan, hal ini bisa menyebabkan putus cinta. Nama tempat ini berasal dari seorang anak bupati (Raden) dan anak pembantu (Batur) yang diketahui berhubungan namun tidak disetujui, kemudian dinamakan Baturaden.

Mitos yang beredar mengatakan bahwa sebagian besar pasangan yang ke sana berakhir dengan putus.

 

3 dari 3 halaman

6. Tanah Lot, Bali

Tanah Lot merupakan sebuah pantai destinasi wisatawan yang cukup favorit. Sebab di sana terdapat sebuah pulau dengan pura yang dijaga oleh ular suci.

Konon ular ini bisa mengabulkan doa orang yang berkunjung ke sana. Namun untuk sepasang kekasih, oleh masyarakat setempat tidak dianjurkan masuk ke dalam pura dan menemui si ular-ular suci tersebut sebab akan menyebabkan putus hubungan.

7. Air Terjun Coban Rondo, Malang

Coban Rondo merupakan air terjun yang ada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Destinasi yang indah ini ternyata mempunyai mitos jika berkunjung bersama pacar akan berakhir putus.

Hal ini berawal dari kisah Dewi Anjani yang ditinggalkan suaminya yang sangat terkenal di Coban Rondo. Hal tersebutlah yang kemudian muncul mitos bikin putus cinta jika datang ke destinasi wisata ini bersama pacar.

8. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai yang terkenal ini kabarnya merupakan wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Selain dilarang memakai baju warna hijau di pantai ini, ternyata pasangan kekasih juga dilarang mengunjungi pantai yang indah dan luas ini.

Kabarnya, pasangan kekasih yang bermain di pantai ini akan segera putus setelah mengunjunginya. Mitos ini tak berhenti di Parangtritis saja, konon mitos ini berlaku di sepanjang pantai laut selatan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS