Sukses

Wajib Datang ke Pesta Rakyat Padmanaba Yogyakarta pada Akhir Pekan, Ini Alasannya

Pentas Rakyat ini merupakan perhelatan tahunan SMA 3 Yogyakarta sebagai bagian dari program kerja OSIS SMA N 3 Yogyakarta periode 2022/2023 yang bekerja sama dengan Teater Jubah Macan (JM).

Liputan6.com, Yogyakarta - SMA Negeri 3 Yogyakarta atau Padmanaba kembali mengadakan Pentas Rakyat (Perak) yang terbuka untuk umum di Lapangan Bola SMA Negeri 3 Yogyakarta, Sabtu (19/11/2022). Pertunjukan bertajuk JayaRatih ini menjadi penanda kembalinya Perak yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Pentas ini mengangkat kisah kesetiaan Kamajaya dan Kamaratih yang dibalut dengan humor, roman, aksi, dan sebagainya. Pentas Rakyat ini merupakan perhelatan tahunan SMA 3 Yogyakarta sebagai bagian dari program kerja OSIS SMA N 3 Yogyakarta periode 2022/2023 yang bekerja sama dengan Teater Jubah Macan (JM).

Salah satu tujuan diadakannya Pentas Rakyat ini adalah wujud apresiasi generasi muda terhadap pertunjukan teater. Seluruh warga SMA N 3 Yogyakarta turut berkontribusi dalam menyukseskan acara Pentas Rakyat ini.

“Target penonton pada Pentas Rakyat ini adalah warga sekitar sekolah karena Pentas Rakyat ini merupakan pentas hiburan yang didedikasikan kepada warga sekitar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak kalangan masyarakat yang dapat hadir pada pentas ini,” ujar Kenny Alviano Surya Atmaja, humas Pentas Rakyat dalam siaran persnya, Rabu (16/11/2022).

Terdapat banyak keunikan dalam pertunjukan Perak ini, seperti, menceritakan kisah pewayangan;Kamajaya dan Kamaratih yang jarang diangkat, tetapi memiliki kandungan makna yang mendalam mengenai kesetiaan, kombinasi dengan komedi yang berisi lelucon dan kritik sosial yang berhubungan dengan masalah-masalah terkini, dekorasi obor api yang menyala memutari lapangan, dan stan makanan gratis untuk pengunjung.

Ia berharap dengan adanya pementasan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya budaya Jawa lebih luas lagi karena Pentas Rakyat mengangkat kebudayaan Indonesia berlatar 1400-an. Kali ini Pentas Rakyat mengangkat kebudayaan Jawa dengan penggunaan gamelan dan Bahasa Jawa dalam sebagian dialog.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.