Sukses

Tak Melulu Bakpia, Ini Oleh-Oleh Cokelat Legendaris Yogyakarta

Cokelat asli Yogyakarta memiliki rasa yang tak kalah dengan cokelat dari luar negeri.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi para wisatawan yang berlibur di Yogyakarta, bakpia biasanya menjadi pilihan utama untuk dijadikan oleh-oleh. Selain karena variannya yang beragam, bakpia juga memiliki masa ketahanan yang cukup lama.

Namun, oleh-oleh Yogyakarta bukan hanya bakpia. Kota pelajar ini ternyata juga memiliki sederet oleh-oleh berupa cokelat yang cocok diberikan untuk si pencinta cokelat.

Cokelat asli Yogyakarta memiliki rasa yang tak kalah dengan cokelat dari luar negeri.

Berikut beberapa cokelat asli Yogyakarta yang cocok dijadikan oleh-oleh:

1. Cokelat Joyo

Cokelat Joyo merupakan merek cokelat yang diproduksi di Yogyakarta. Desain kemasan Cokelat Joyo menunjukkan ciri khas ikon Yogyakarta, sehingga menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Selain cokelat asli, Cokelat Joyo juga memiliki varian cokelat kopi atau COPI dan Cokelat Meletus. Harga Cokelat Joyo berkisar antara Rp12.000 hingga Rp50.000 saja.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cokelat Monggo

2. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo menjadi salah satu coklat yang cukup populer. Cita rasa Cokelat Monggo dihasilkan dari tangan ahli cokelat pertama di Yogyakarta yang berasal dari Belgia.

Cokelat ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh Yogyakarta, tak terkecuali di kawasan Malioboro. Wisatawan juga bisa membeli langsung dari pabriknya di Kawasan Kotagede sekaligus melihat proses pembuatannya.

Wisatawan pun bisa mengunjungi Museum Cokelat Monggo di Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.Harga Cokelat Monggo bervariasi, mulai dari Rp25.000 hingga Rp250.000.

3. Cokelat nDalem

Cokelat nDalem bisa dengan mudah ditemukan di kawasan Kotagede, Yogyakarta. Cokelat yang memilih sebutan sebagai 'tanda hati' Jogja ini menawarkan banyak varian rasa, mulai dari yang biasa ditemukan hingga yang unik sekalipun.

Beberapa varian unik Cokelat nDalem di antaranya cokelat pedas, Cokelat BoenBeans, serta OUI Chocolate. Cokelat BoenBeans memadukan cokelat dengan berbagai varian biji kopi, sementara OUI Chocolate umumnya menggunakan rasa yoghurt. Cokelat ini bisa didapatkan dengan hanya merogoh kocek mulai dari Rp15.000 hingga Rp60.000.

4. Trufflelogy

Trufflelogy merupakan oleh-oleh kekinian Jogja berupa olahan coklat anti mainstream. Trufflelogy dikemas dalam kotak aesthetic yang berisi cokelat truffle berbagai rasa.

Variasi cokelat ini pun tak sebatas dark chocolate atau milk chocolate saja, melainkan ada juga varian rum, matcha, mint, hingga salted caramel. Harga per kotak Trufflelogy bisa didapatkan mulai dari Rp50.000 hingga Rp60.000.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.