Sukses

Hari Diabetes Sedunia 14 November, Cegah Diabetes dengan Cara Ini

Semakin lama, diabetes bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit jantung, kebutaan, hingga gangguan ginjal.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap tahun di 14 November akan diperingati Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day). Peringatan ini diinisiasi oleh International Diabetes Foundation (IDF) dan World Health Organization (WHO) karena prihatin atas kasus diabetes yang meningkat setiap tahunnya.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi saat kadar gula darah cenderung tidak terkontrol karena kurangnya insulin dari pankreas. Hal ini berakibat pada ketidaksanggupan pengolahan gula darah menjadi energi, sehingga menumpuk di sel-sel tubuh.

Semakin lama, diabetes bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit jantung, kebutaan, hingga gangguan ginjal. Hingga kini, belum tersedia obat untuk menyembuhkan diabetes secara total, tetapi pemberian insulin terapeutik dapat menolong pasien diabetes untuk menjaga kondisi kesehatannya tetap stabil.

Mengutip dari laman Ciputra Hospital, ini ada beberapa cara mencegah diabetes. Apa saja?

1. Menurunkan berat badan

Hari Diabetes Sedunia bisa dimulai dengan mengontrol berat badan berlebih adalah salah satu cara untuk mencegah diabetes. Disebutkan bahwa berat badan berlebih memiliki risiko 20 hingga 40 kali terkena diabetes.

Pasalnya, orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas akan mengalami gangguan pada sistem kerja metabolismenya.Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memiliki berat badan ideal, di antaranya, mengurangi konsumsi nasi putih atau mengganti nasi putih dengan beras merah dan sumber karbohidrat lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rutin Olahraga

2. Rutin olahraga

Olahraga secara teratur diketahui dapat membantu mencegah diabetes. Olahraga disebut dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.

Sebuah studi tentang diabetes menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 51%. Sementara itu, olahraga dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 85%.

Beberapa olahraga fisik yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes, di antaranya aerobik, senam, yoga, berjalan kaki, berenang, bersepeda, hingga lari.

3. Menjaga pola makan sehat

Tak hanya diabetes, pola makan sehat memang diketahui dapat mencegah segala penyakit. Untuk mencegah diabetes, seseorang dianjurkan menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, berlemak, dan makanan siap saji.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap, seperti protein, lemak baik, vitamin dan mineral, serta serat. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

 

3 dari 4 halaman

Air Putih

4. Perbanyak air putih

Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin dalam tubuh. Sebaiknya, mulailah mengurangi konsumsi minuman manis, seperti soda, sirup, dan minuman tinggi gula lainnya.

Sebuah studi observasional yang dilakukan pada 2800 orang disebutkan bahwa mereka yang lebih sering mengonsumsi minuman manis tinggi gula memiliki risiko sebesar 20% menderita diabetes. Sebaliknya, mengonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya mencegah diabetes.

5. Berhenti merokok

Merokok telah terbukti menyebabkan atau berkontribusi pada masalah kesehatan yang serius, salah satunya diabetes. Disebutkan pula bahwa merokok dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes sebesar 44%.

Mereka yang menghabiskan rokok lebih dari 20 batang dalam sehari disebut memiliki risiko 61% menderita penyakit diabetes. Oleh sebab itu, merokok sangat berkaitan erat dengan risiko menderita penyakit diabetes, terutama perokok berat.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Tinggi Serat

6. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan manajemen berat badan. Dengan mengonsumsi sumber serat yang baik dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan kadar insulin dalam tubuh.

7. Menjaga porsi makan

Makan dengan jumlah besar disebut dapat menambah lebih banyak kalori yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin lebih tinggi. Hal itu berisiko menyebabkan diabetes.

8. Melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin

Medical check-up secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mencegah diabetes. Pemeriksaan rutin ini dapat membantu memonitor kadar gula dalam darah serta mendeteksi diabetes lebih awal.

Setidaknya, lakukan medical check-up sekali dalam setahun untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh. Pemeriksaan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik seseorang yang tidak memiliki risiko diabetes maupun mereka yang memiliki risiko diabetes karena beberapa hal.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.