Sukses

Pemda Garut Siapkan Dana Khusus untuk Penanganan Penderita Diabetes

Hasil laporan terbaru Dinas Kesehatan mencatat penderita diabetes di Garut terbilang tinggi, sehingga membutuhkan perhatian pemerintah melalui penyediaan alat dan obat yang mendukung.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat tengah menyiapkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) khusus bagi penderita diabetes di Garut.

"Sekarang itu akan membuat menjadi BTT untuk menyediakan obat yang tidak generik, di setiap puskesmas sudah ada alatnya namun obatnya masih generik," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin (7/11/2022).

Menurutnya, hasil laporan terbaru Dinas Kesehatan mencatat penderita diabetes di Garut terbilang tinggi, sehingga membutuhkan perhatian pemerintah melalui penyediaan alat dan obat yang mendukung.

"Jadi nanti saya akan berikan obat yang terbaik lah, lumayan sebagian spesialis lah," kata dia.

Rudy menyatakan penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Dinas kesehatan Kabupaten Garut mencatat angka diabetes di triwulan III 2022 mencapai 11.000 penderita.

Untuk menghindari risiko lebih buruk, para penderita diabetes disarankan menjaga kesehatan dan perubahan pola hidup lebih sehat. Kemudian rajin pengecekan kesehatan secara rutin. Serta menjauhi asap rokok, rajin melakukan aktivitas fisik, diet seimbang, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini