Sukses

Cerita Pemuda Cirebon Ciptakan Inovasi Dari Pengalaman Jadi Korban Bullying

Irwan Gunawan mulai menikmati hasil dari jerih payahnya membangun bisnis Skincare khusus laki-laki

Liputan6.com, Cirebon Kasus bullying kerap membuat korban merasa minder dan trauma. Bahkan, tak sedikit yang akhirnya berujung pada pidana.

Namun, berbeda dengan cerita Irwan Gunawan warga Kabupaten Cirebon korban bullying. Warga asal Sumber Kabupaten Cirebon tersebut bangkit dari perundungan bahkan menciptakan inovasi.

Irwan sukses menciptakan bisnis skincare Glutamen khusus untuk laki-laki. Skincare buatannya itu berangkat dari pengalaman pribadi yang selalu di bully.

"Tak hanya kaum wanita, kesadaran pria untuk selalu menjaga penampilan kian tinggi. Untuk merawat dan menjaga kesehatan wajah," ucapnya, Senin (24/2022).

Saat ini, Irwan Gunawan mulai menikmati hasil dari jerih payahnya membangun bisnis Skincare khusus laki-laki.

Dia menceritakan, dahulu selalu menjadi korban bully lantaran mempunyai kulit yang tidak menarik. Irwan kemudian mulai memakai produk perawatan kulit khusus laki-laki.

Namun, harga produk yang terbilang tinggi, membuat Irwan berpikir dua kali mengunakan produk tersebut. Dengan modal seadanya, Irwan memberanikan diri meracik bahan skincare yang dipelajarinya dari internet.

Irwan meracik bahan skincare seperti sabun, serun muka sera krim khusus pria sekitar 8 bulan lalu.

"Saya mulai meracik sendiri dari bahan-bahan natural atau perpaduan, dan di pastikan halal, aman, untuk kulit," ungkapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPOM

Setelah racikannya jadi, mulai lah di pakai sendiri. Disaat hasilnya ada kekurangan, langsung diperbaiki hingga hasil racikannya sempurna.

"Dipakai sendiri dulu, ada yang kurang di racik lagi sampai sempurna," tuturnya

Dirasa yakin, hasil produk perawatan kulitnya sudah sempurna. Irwan mulai mempromosikan di lingkungan sekitar dengan target kaum laki-laki. 

Hasilnya pun cukup memuaskan produk Glutamen Skincare perawatan kulit khusus laki-laki ternyata diterima oleh teman-temannya di lingkungannya.

"Setelah dilakukan beberapa kali penyempurnaan bahan produk. Alhamdulillah ternyata, produk Glutamen Skincare bisa diterima oleh masyarakat," ungkapnya

Irwan pun mulai mendaftar kan brand produk perawatan kulitnya dengan nama Glutamen serta izin BPOM. Setelah itu, baru lah di produksi massal di salah satu pabrik di Jawa Tengah. 

Kini produk sudah tersebar diberbagai Marketplace. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.