Sukses

Wajib Tahu, Tanda Bayi Anda Cukup Asupan ASI

Saat menyusui, bunda harus memastikan si kecil mengonsumsi ASI dengan benar dan teratur.

Liputan6.com, Jakarta - ASI menjadi asupan utama bayi agar tumbuh menjadi sehat dan kuat sesuai harapan. Asupan ASI sangat penting untuk bayi pada usia 6 bulan pertama kehidupannya. Oleh karena itu, penting untuk sang ibu memperhatikan asupan ASI yang cukup kepada si buah hati. 

Bahkan, saat menyusui, bunda harus memastikan si kecil mengkonsumsi ASI dengan benar dan teratur. Bayi juga harus terlihat nyaman setelah menyusui, seperti tertidur atau wajahnya terlihat tenang dan santai. 

Jika asupan dan pola konsumsi terpenuhi, ibu tak perlu khawatir si bayi kekurangan gizi. Namun, jika ragu terhadap asupan ASI bayi, bunda perlu memperhatikan tanda-tandanya. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengetahui bayi anda cukup ASI: 

Berat Badan

Berat badan bayi merupakan salah satu indikator utama dalam memastikan asupan ASI yang cukup. Bayi akan mengalami penurunan berat badan saat 1 minggu setelah mereka lahir.

Namun, kondisi ini tergolong normal. Sementara bayi yang diberi susu formula akan mengalami penurunan berat badan normal mencapai 5 persen. 

Untuk bayi yang diberi ASI eksklusif berat badannya bisa turun sebanyak 7–10 persen. Jika bayi cukup ASI, maka berat badannya baru akan bertambah saat 1–2 minggu kemudian.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buang Air Kecil

Jika mendapat cukup ASI, bayi berusia di bawah 5 hari perlu diganti popoknya hingga 6 kali sehari. 

Saat usia bayi sudah lebih dari 5 hari, popoknya perlu diganti hingga 6–8 kali sehari. Jika bayi berusia di bawah 5 hari perlu diganti popoknya hingga 6 kali sehari.

Bayi yang cukup diberikan ASI, popoknya akan terlihat basah setiap kali diganti, dengan warna urine jernih atau kekuningan.

Selain itu, perhatikan juga perubahan warna tinja Si Kecil. Pada beberapa hari pertama setelah lahir, tinjanya akan berwarna gelap dan lengket. Setelah bayi mendapatkan cukup ASI, tinjanya akan berwarna kuning cerah.

Merasa Nyaman

Tanda lain bayi anda cukup ASI yakni jika si kecil aktif bergerak dan mood terlihat bagus. Bayi juga akan tampak kenyang dan tidak rewel bahkan langsung tertidur pulas setelah mendapat ASI cukup.

Selain itu, payudara si bunda juga akan terasa ringan setelah si kecil minum ASI yang cukup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.