Sukses

Sensasi Berselancar di Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Peselancar Dunia

Ombak Pantai Plengkung Banyuwangi ini berbentuk memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Plengkung merupakan salah satu destinasi wisata populer yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan menantang. Ombak Pantai Plengkung Banyuwangi berbentuk memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi. 

Tingkatan ombak di pantai ini antara lain Many Track Waves dengan tinggi ombak berkisar 3-4 meter, Speedis Waves dengan tinggi ombak 5-6 meter, dan Kong Waves dengan tinggi 6-8 meter. 

Ombak tingkatan ketiga ini memungkinkan untuk melakukan Tube Riding saat berselancar. 

Ombak seperti di Pantai Plengkung cukup langka di dunia. Ombak serupa dapat ditemukan di Hawai dan Afrika Selatan.

Tidak heran jika ombak di Pantai Plengkung diakui dunia. Banyak wisatawan dari mancanegara yang liburan di pantai ini sekaligus berselancar. 

Bahkan, pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini dikenal dengan julukan surganya para peselancar.

Selain sebutan Pantai Plengkung, pantai di Banyuwangi ini juga terkenal dengan julukan G-Land. Salah satu alasannya karena huruf G yang mengarah pada Teluk Grajagan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Julukan G-Land

Huruf G juga diambil dari kata Green, karena Pantai Plengkung sebagai Green Forest, di kelilingi hamparan hutan tropis dan hutan dataran rendah yang masih asri.

Huruf G juga berasal dari Great, menggambarkan ombak pantai yang besar dan panjang. ombak di pantai ini sangat disukai oleh para peselancar.

Pendapat lain disebut G-Land lantaran bentuk Pantai Plengkung mirip dengan huruf G. Meski beda-beda arti, tak mengubah esensi dan keindahan selama liburan di pantai.

Wisatawan mancanegara lebih mengenal Pantai Plengkung dengan sebutan G-Land. Jadi, kalau kamu lagi di luar negeri ketemu dengan peselancar, lalu dimintai rekomendasi pantai terbaik untuk berselancar, G-Land Banyuwangi adalah jawabannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.