Sukses

7 Rekomendasi Tempat Menikmati Lentog Tanjung Khas Kudus

Liputan6.com, Yogyakarta - Lentog tanjung merupakan kuliner Kudus yang memadukan lontong dengan sayur berkuah santan. Sekilas, tampilan hidangan ini mirip lontong sayur dan lontong Cap Go Meh.

Bedanya, lontong Cap Go Meh berisi sayur labu siam, sedangkan lontong tanjung berisi sayur nangka. Sayur nangka ini diolah hingga menjadi lunak dan lembek serta diberi kuah santan.

Nama 'lentog' berarti lontong, sedangkan 'tanjung' diambil dari nama daerah sajian ini berasal. Dalam semangkuk lentog tanjung berisi lontong, sayur nangka, tahu, tempe, dan telur.

Lentog tanjung cocok dijadikan hidangan sarapan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa makanan pendamping, seperti sate usus, telur puyuh, taburan bawang goreng, kerupuk, dan lainnya.

Jika kamu sedang berjalan-jalan ke kota penghasil kretek terbesar di Jawa Tengah ini, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi hidangan khas tersebut. Berikut rekomendasi tempat makan lentog tanjung Kudus yang bisa kamu datangi:

1. Lentog Tanjung Pak Warsito

Warung yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu ini, kini dikelola oleh generasi ketiga Pak Warsito. Putri Pak Warsito, Sediyati, sudah mengelola warung ini sejak umur 18 tahun.

Pada hari-hari biasa, warung Lentog Tanjung Pak Warsito bisa menjual hingga 100 porsi. Sedangkan di akhir pekan, bisa mencapai hingga 400 porsi.

Seporsi lentog tanjung bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar Rp5.000 saja. Lentog Tanjung Pak Warsito berlokasi di Jalan Kudus-Purwodadi No. 28, Klentengan, Tj. Karang, Jati, Kabupaten Kudus.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Lentog Tanjung Pak Ashari

2. Lentog Tanjung Pak Ashari

Warung lentog tanjung ini berada di dekat perempatan pasar Jember atau tepatnya Jl. KHR Asnawi, Pejaten, Damaran, Kudus. Untuk satu porsinya, bisa kamu nikmati di harga Rp5000 saja.

3. Lentog Tanjung Pak Ashadi

Lentog tanjung Ashadi terletak di jalan AKBP Agil Kusumadya No. 20, Kudus. Lentong tanjung di sini memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan bumbu yang agak tajam.

Kuahnya pun agak pekat dibanding dengan lentog tanjung di tempat lain. Satu porsinya bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar Rp9.000 saja.

4. Lentog Tanjung Pak Mitro

Lentog Tanjung Pak Mitro juga merupakan salah satu warung lentog tanjung yang legendaris. Sudah sekitar 20 tahun-an warung ini berdiri.

Warung Lentog Tanjung Pak Mitro berlokasi di Jalan Klentegan, Tanjung Karang, Jati, Kudus.

 

3 dari 3 halaman

Lentog Tanjung Pak Solikin

5. Lentog Tanjung Pak Solikin

Tak hanya rasanya yang gurih, warung Lentog Tanjung Pak Solikin ini juga terkenal karena penjualnya yang gaul. Pak Solikin dikenal senang mengajak ngobrol pembelinya tentang berbagai hal.

Kamu bisa berkunjung ke Jalan Gor, Wergu Wetan, Wergu Wetan, Kudus untuk menikmati lentog tanjungnya.

6. Lentog Tanjung Pak Kasrun

Lentog Tanjung Pak Kasrun juga tak kalah enak dan murah. Untuk harga satu porsinya hanya sebesar Rp7.000.

Warung ini berlokasi di pusat kuliner lentog tanjung. Tepatnya di sebelah RS. Mardi Rahayu atau sebelah utara GOR bulutangkis Djarum.

7. Lentog Tanjung Pak Sunarto

Rekomendasi selanjutnya adalah Lentog Tanjung Pak Sunarto. Seporsi lentog tanjung di sini hanya dibanderol harga Rp10.000 saja.

Lentong Tanjung Pak Sunarto berlokasi di jalan HM. Subchan no. 33, Purwosari, Janggalan, Kudus.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.