Sukses

Kunjungi Desa di Kalteng, Menteri PPA Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak di Bawah Umur

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengunjungi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dalam Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Bukit Liti, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Liputan6.com, Palangka Raya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengunjungi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dalam Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Bukit Liti, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (22/8/2022).

DRPPA diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya perempuan dan anak, terutama dalam hal memenuhi hak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Selain Desa Bukit Liti dan Mentaren Jaya di Kabupaten Pulang Pisau, DRPA juga ada di Kabupaten Kotawaringin Timur tepatnya Desa Tumbang Kejahe dan Seragam Jaya. Kemudian I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, juga menjelaskan mengenai indikator desa yang menjadi DRPA.

"Indikator DRPPA yang pertama adalah berkaitan perempuan di bidang kewirausahaan yang berspektif gender, bagaimana peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan, demikian juga penurunan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak," ungkap I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

Dalam kunjungannya I Gusti Ayu Bintang Puspayoga juga menyempatkan melihat taman edukasi, dapur sehat atasi stunting, kerajinan tangan, posyandu balita, layanan keluarga berencana dan tanaman obat keluarga.

"Perayaan ini bukanlah sekadar selebrasi, tetapi momen penting untuk mengingatkan bahwa kita semua, khususnya anak-anak, bisa berbuat sesuatu untuk bangsa ini, karena kalian semua adalah anak-anak hebat penerima tongkat marathon kepemimpinan bangsa," I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengakhiri.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.