Sukses

Kuliner Palangka Raya Ini Terbuat dari Rotan, Tertarik untuk Mencoba?

Hidangan yang diberi nama sayur umbut rotan atau juhu umbut rotan ini menjadi salah satu kuliner Palangka Raya.

Liputan6.com, Palangka Raya - Rotan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Tumbuhan ini biasanya memiliki diameter 2-5 cm, beruas panjang, tidak berongga, dan dilindungi oleh banyak duri panjang, keras, dan tajam. 

Akan mustahil jika rotan bisa diolah menjadi sebuah hidangan lezat. Namun jangan salah, karena di Palangka Raya kamu bisa menemui hidangan berbahan dasar rotan.

Mungkin terdengar aneh, tetapi kenyataannya rotan juga bisa diolah dan dikonsumsi layaknya hidangan lezat pada umumnya. Hidangan yang diberi nama sayur umbut rotan atau juhu umbut rotan ini menjadi salah satu kuliner Palangka Raya.

Memiliki batang yang berduri, sajian sayur umbu rotan ini harus diolah secara khusus. Duri-duri tajam yang tersebar di batang rotan harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah.

Tak hanya itu, rotan yang digunakan pun tidak boleh terlalu tua. Rotan muda dipilih karena rasanya lebih lezat dan lebih empuk saat dikonsumsi.

Setelah durinya dibersihkan, selanjutnya rotan dipotong kecil-kecil sepanjang 2-3 cm. Cara memasaknya pun cukup mudah, yakni hanya perlu menyiapkan berbagai rempah-rempah.

Rempah-rempah yang dibutuhkan, di antaranya cabai, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, dan bumbu pelengkap lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan digoreng dengan minyak sayur.

Setelah bumbu harum dan kecokelatan, langkah selanjutnya adalah memasukkan daging, seafood, atau bahan pelengkap sayur lainnya yang ingin dicampurkan. Selanjutnya, masukkan rotan muda yang telah dipotong kecil dan dimasak hingga layu.

Langkah selanjutnya adalah masukkan santan kemudian tunggu hingga hidangan matang. Namun, ada juga yang melewati langkah penambahan santan ini.

Tentu saja penambahan santan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Setelah matang dan dirasa cukup empuk, sayur umbut rotan pun siap dinikmati.

Saat dikunyah, sayur umbu rotan ini memiliki tekstur mirip rebung. Umumnya, hidangan ini disajikan dengan ikan patin atau nila bakar.

Tak lupa, nasi yang masih panas dan sambal serai khas Palangka Raya juga ditambahkan agar lebih menggugah selera. Salah satu tempat makan yang menyajikan kuliner rotan Palangka Raya adalah Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1, Palangka, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.