Sukses

8 Oleh-oleh Legendaris Khas Bandung yang Sayang untuk Dilewatkan

Liputan6.com, Bandung - Banyaknya tempat menarik di Bandung membuat kota kembang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan dari berbagai tempat, baik wisatawan lokal dari daerah lain hingga wisatawan mancanegara.

Mengunjungi suatu daerah tertentu kurang afdal namanya jika kita tidak membawakan suatu barang atau makanan khas dari daerah yang kita kunjungi tersebut. Di Bandung sendiri ada banyak oleh-oleh khas yang bisa anda beli untuk dibawakan kepada keluarga yang tidak ikut ataupun diberikan kepada teman atau rekan di daerah asal.

Berikut adalah delapan rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang cukup legendaris.

1. Bolen Kartika Sari

Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari Bandung adalah bolen Kartika Sari. Bolen ini terkenal karena rasanya yang nikmat di mulut dengan rasa khas dari Kartika Sari. Meskipun ada banyak produk di sana, namun bolen tetap menjadi salah satu produk yang sering dibawa sebagai oleh-oleh dari Bandung.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

2. Tas dan Sepatu Cibaduyut

Tidak hanya makanan, untuk Anda yang menginginkan membawa oleh-oleh berupa benda saat berkunjung ke Bandung, bisa mencarinya di Cibaduyut,. Kawasan legendaris ini sering sekali dikunjungi oleh wisatawan untuk mampir ke. sana, sebab Cibaduyut menjadi pusat produsen dari sepatu dan tas kulit khas dari Bandung.

3. Kopi Aroma

Kopi Arkma adalah salah satu oleh-oleh yang dapat anda bawa untuk penikmat kopi. Kopi ini sudah ada di Bandung sejak 1930-an dan sudah terkenal sampai ke mancanegara karena rasanya yang nikmat serta khas. Kopi ini merupakan hasil proses organik yang ramai dan menggunakan peralatan trasidisonal dalam pengolahannya. Maka dari itu kopi ini sangat terkenal dan sering menjadi produk oleh-oleh untuk anda bawa dari Bandung

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kopi Aroma (@kopiaromaofficial)

4. Tahu Susu Lembang

Untuk anda yang mengujungi Lembang, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh tahu susu di. sana. Sebab tahu susu ini terkenal karena rasanya yang enak dan tesktur yang lembut. Tidak hanya itu, rasanya juga gurih, isianya yang padat dan kulitnya yang renyah pasti sangat disukai oleh orang yang diberikan oleh-oleh tersebut

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bolu Susu Lembang (@bolulembang)

3 dari 3 halaman

5. Peuyeum Bandung

Peuyeum adalah salah satu produk khas Bandung yang dapat ditemukan dengan mudah jika anda mengunjungi Bandung. Ada banyak toko-toko oleh-oleh baik di pinggir jalan atau tempat khusus yang menjual peuyeum tersebut. Rasanya yang khas harus anda bawa untuk dijadikan oleh-oleh.

6. Batagor

Batagor adalah makanan yang terkenal tidak hanya di Bandung, namun salah satu produk yang menjadi khas adalah Batagor Riri. Makanan ini mempunyai rasa yang terkenal enak dan menjadi makanan kesukaan banyak orang. Tidak hanya warga Bandung namun orang-orang dari luar Bandung. Maka dari itu, Anda harus memasukkan Batagor Riri ke dalam daftar oleh-oleh.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by chyaeats | FOODIES🧁 (@chyaeats)

7. Oncom

Oncom merupakan makanan khas Bandung yang dapat kamu bawa pulang sehabis berkunjung ke Bandung. Oncom ada banyak olahannya dan sangat terkenal akan rasanya yang enak. Anda bisa membawa oncom untuk diolah menjadi berbagai makanan seperti nasi tutug oncom, hingga gorengan terkenal combro yaitu gorengan dengan isian oncom.

8. Cireng

Cireng menjadi salah satu makanan khas Bandung yang harus kamu bawa. Meskipun sudah ada banyak resep di internet untuk membuat cireng, namun akan berbeda rasanya jika kamu membawa langsung dari Bandung. Makanan khas Bandung ini dapat kamu temukan di berbagai tempat di Bandung. Adapun cireng instan yang bisa kamu beli untuk digoreng ketika sampai di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.