Sukses

Waspada, Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sejumlah Daerah di Jawa Barat Mulai Siang Hari

BMKG memprediksi wilayah Jawa Barat akan diguyur hujan lebat pada hari ini.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat menerbitkan peringatan dini soal potensi hujan lebat yang akan terjadi di 30 daerah. Hujan itu kemungkinan turun dengan intensitras sedang hingga tinggi itu disertai dengan kilat atau petir serta angin kencang pada waktu siang hingga menjelang malam hari.

Daerah yang terpapar antara lain Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupatendan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Majalengka.

Sedangkan pada waktu malam hari akan terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasimalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar.

Berikut prakiraan cuaca Wilayah Jawa Barat tanggal 12 September 2022 berdasarkan pukul 05.30 WIB dicuplik dari laman resmi BMKG.

- Pagi hari (07.00 – 13.00 WIB) : Cerah berawan hingga berawan.

- Siang hari (13.00 – 19.00 WIB) : Berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka. Potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu.-

Malam hari (19.00 – 01.00 WIB) : Berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten dan Kota Cirebon, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasimalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar.

- Dini Hari (01.00 – 07.00 WIB) : Berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.- Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Utara : 22 - 33°C- Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Selatan : 18 - 32°C- Kelembapan udara Jawa Barat bagian Utara : 55 - 96%- Kelembapan udara Jawa Barat bagian Selatan : 60 - 98%- Angin : Secara umum bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan 05 – 40 km/jam.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.