Sukses

Kondisi Terkini Ternak di Garut Usai Wabah PMK Melanda

Liputan6.com, Garut - Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Garut, Jawa Barat mencatat, sebanyak 5.934 ekor hewan ternak dinyatakan sembuh dari gejala PMK.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Kadiskanak) Garut, Sofyan Yani mengatakan, tingkat angkat kesembuhan hewan PMK di Garut cukup tinggi, meskipun kematian hewan ternak akibat PMK masih ditemukan di beberapa wilayah.

“Total hingga hari ini sebanyak 350 ekor ternak mati dengan gejala PMK,” ujar dia.

Saat ini, tim teknis kesehatan hewan telah melakukan pelayanan kesehatan hewan telah memberikan pengobatan kepada 8.887 ekor ternak, dengan cakupan penyebaran PMK di 26 kecamatan dari 42 kecamatan seluruh Garut.

Di samping pengobatan secara rutin, tim teknis lapangan terus melakukan langkah penanganan PMK mulai karantina wilayah, biosekuriti, vaksinasi PMK, penyemprotan disinfektan di area kandang yang terdampak, dan lainnya.

Tidak hanya itu, untuk meringankan beban peternak, pihaknya telah menyerahkan dana kerohiman kepada 130 orang peternak untuk mengganti sekitar 174 ekor ternak mereka yang mati akibat wabah PMK tersebut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.