Sukses

5 Kisah Hantu Legendaris di Bandung, Salah Satunya di Sekolah

Liputan6.com, Bandung - Selain kekayaan alam dan budayanya, Bandung tak terhindar dari kisah mistisnya. Banyak kisah mistis yang ada di daerah ini. Kebanyakan kisah ini datang dari zaman kolonial Belanda.

Banyak hantu lagendaris yang ada di daerah ini, mulai dari hantu lokal hingga hantu nona Belanda. Hantu-hantu tersebut memiliki kisahnya masing-masing.

Masyarakat Bandung sudah banyak yang mengetahui kisah-kisah tersebut. Kisah hantu ini populer dari mulut ke mulut sehingga menjadi cerita urban legend Bandung. Berikut lima kisah hantu legendaris di Bandung.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Hantu Nancy

Bagi masyarakat Bandung, hantu ini sudah tidak asing lagi. Cerita tentang hantu ini sangat populer bahkan sudah dijadikan film bioskop pada tahun 2015 lalu. Hantu ini berwujud nona Belanda yang bernama Nancy.

Hantu Nancy dapat ditemui di salah satu SMA Negeri di Bandung. SMA ini dahulu merupakan sekolah Belanda yang bernama Burgere Hoogeschool.

Ada banyak cerita yang beredar mengenai Hantu Nancy. Nancy diceritakan meninggal di sekolah ini karena bunuh diri dari lantai dua. Pada cerita lain menyebutkan bahwa Nancy meninggal karena diperkosa lalu dibunuh.

Hingga saat ini, Hantu Nancy dipercaya masih ada di SMA itu. Terkadang Hantu Nancy suka menampakkan dirinya di salah satu jendela yang tidak pernah bisa ditutup pada sekolah itu. Jika ingin melihat hantu ini, seseorang harus mengelilingi sekolah itu selama tiga kali pada malam hari.

3 dari 6 halaman

2. Hantu Anna

Hantu Anna merupakan hantu anak perempuan penunggu salah satu gedung di universitas negeri di Bandung.

Dahulu, gedung ini merupakan vila yang dimiliki oleh seorang Belanda yang bernama Berrety. Berrety meninggal dalam kecelakaan pesawat menuju Indonesia.

Berrety memiliki anak yang bernama Anna. Anna selalu menunggu papanya pulang hingga akhir hayatnya. Hantu Anna ini tidak mengganggu dan hanya ingin menunggu untuk sang papa pulang. 

4 dari 6 halaman

3. Hantu Boneka

Hantu boneka ini berada di Jalan Babakan Siliwangi. Dahulu pernah terjadi kecelakaan mobil di jalan ini. Kecelakaan yang menewaskan seorang anak kecil bernama Uci. Ketika kecelakaan terjadi Uci terpental dan berpisah dengan bonekanya. Saat Uci dibawa ke rumah sakit, ia sempat menanyakan keberadaan bonekanya. Belum sempat bertemu bonekanya, Uci sudah menghembuskan napas terakhirnya.

Hantu boneka ini suka menampakan dirinya pada malam hari. Bukan bermaksud menggangu, hantu ini menampakkan dirinya untuk menjadi pengingat agar terus berhati-hati dan mengurangi kecepatan saat melewati jalan ini.

5 dari 6 halaman

4. Hantu Jawara Tanpa Kepala

Jalan Cipaganti terkenal dengan rimbunnya pohon yang terdapat di sisi kanan dan kiri jalan. Ternyata jalan ini menyimpan cerita mistis. Terdapat hantu jawara tanpa kepala yang suka menampakan dirinya di jalan ini.

Hantu ini merupakan seorang jawara yang sangat sakti dan kebal pada masa itu. Jawara ini menguasai kota Bandung. Belanda membuat sayembara bagi yang dapat membawa sang jawara akan mendapatkan emas yang banyak. Tak ada yang bisa menaklukan kesaktian jawara ini kecuali satu dukun. Mereka adu kesaktian hingga sang jawara tersebut kalah. Kepala sang jawara di potong dan dimasukkan ke dalam karung.

Sosok Jawara ini kerap muncul di sekitar Jalan Cipaganti. Salah satu cerita mengatakan bahwa ada pengendara yang merasa menabrak benda seperti bola. Ketika pengendara tersebut berniat mencari tahu, ternyata itu bukanlah bola melainkan kepala dari sang jawara tersebut. Ada juga cerita lain dari seorang mahasiswa yang melintasi jalan ini pada malam hari, lalu ia melihat seorang jawara tetapi tanpa kepala.

6 dari 6 halaman

5. Hantu Ambulans

Kisah Ambulans yang berada di Jalan Bahureksa No 15 ini sangat populer di kalangan masyarakat Bandung. Cerita ini sangat gempar pada masa itu dan berlanjut dijadikan film bioskop berjudul "Hantu Ambulans" pada 2008 lalu.

Kisah ambulance ini berawal dari keluarga Belanda yang mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut menewaskan seluruh anggota keluarga itu. Jenazah dari keluarga tersebut lalu diantar ke rumahnya menggunakan ambulace. Ambulance tersebut diyakini menjadi berhantu. Pasalnya ambulance itu selalu balik ke rumah itu saat dipindahkan ke tempat lain. Bahkan, ada juga yang melihat penampakan di sekitar ambulance yang ada di rumah itu. Namun, pada 2016 lalu, kisah ambulance ini berakhir karena ambulance tersebut berhasil dipindahkan ke kota lain.

Itu dia lima kisah hantu lagendaris yang ada di Bandung. Kisah hantu tidak selamanya menyeramkan, ada juga kisah yang menyedihkan di balik hantu tersebut. Apakah kamu pernah bertemu dengan hantu tersebut?

Penulis: Najwa Rahmadina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.