Sukses

Kisah 'Boneka Hantu' di Jalan Siliwangi Bandung, Sempat Diadaptasi Jadi Film Horor

Jalan Siliwangi sebetulnya merupakan jalan yang selalu ramai dilalui oleh banyak orang.

Liputan6.com, Bandung - Urban legend atau legenda urban di Bandung tidak ada habisnya untuk dikisahkan. Salah satunya adalah kisah mistis di Jalan Babakan Siliwangi atau Baksil.

Jalan Siliwangi sebetulnya merupakan jalan yang selalu ramai dilalui oleh banyak masyarakat, baik itu pengendara motor ataupun pengendara mobil. Namun, ramainya jalan ini hanya pada saat siang hari, ketika memasuki waktu malam, jalan ini menjadi jalanan yang sangat sepi.

Di sekitaran Jalan Siliwangi dikelilingi oleh pohon-pohon yang besar dan rindang. Tidak hanya itu, Baksil juga dikenal sebagai hutan kota.

Di sisi lain, jalan ini dikenal dengan kisah mistis mengenai hantu boneka. Kisah awalnya ada sebuah kejadian tragis di jalan tersebut di mana pada tahun 1980-an terjadi sebuah kecelakaan yang menimpa sebuah keluarga kecil.

Pada saat itu, keluarga tersebut hendak memarkirkan mobil untuk makan malam. Namun, tiba-tiba terdapat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dari arah depan dan menabrak mobil keluarga tersebut.

Tabrakan yang terjadi tersebut membuat seorang anak perempuan bernama Uci terpental sangat jauh hingga ke pinggir pohon Babakan Siliwangi. Anak kecil tersebut terpental bersamaan dengan boneka kesayangannya.

Keluarga tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun karena luka parah, keluarga tersebut tidak terselamatkan dan anak perempuan bernama Uci tersebut sebelum menghembuskan nafas terakhirnya sempat bertanya mengenai boneka kesayangannya tersebut.

Karena luka yang parah, Uci meninggal dunia tanpa bisa bertemu dengan bonekanya tersebut.

Setelah kejadian tersebut banyak yang mencari boneka milik Uci. Namun, sudah dicari di sepanjang jalan Babakan Siliwangi, boneka tersebut tidak ditemukan dan masih menjadi misteri hingga kini ke mana boneka itu berada.

Dari tragedi ini pun setelahnya mulai bermunculan kisah dari masyarakat mengenai sosok hantu boneka yang menampakkan diri. Namun, ada juga yang menceritakan bahwa sosok tersebut bukan hantu boneka melainkan sosok gadis kecil bernama Uci.

Bahkan, beredar juga desas-desus di masyarakat yang melihat hantu boneka menggantung di salah satu pohon di Baksil dan rata-rata yang melihat boneka tersebut adalah orang-orang yang sedang berkendara.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijadikan Sebuah Film

Kisah legenda urban ini bahkan sempat dijadikan sebuah film. Meskipun jalan ceritanya tidak benar-benar sama, tetapi kisah ini sama-sama mengisahkan mengenai hantu boneka milik seorang anak kecil.

Film tersebut adalah film The Doll yang tayang pada 2016, disutradarai oleh Rocky Soraya, dan diperankan oleh Denny Sumargo serta Shandy Aulia.

Tidak hanya itu film ini juga ada dua sekuel lainnya yaitu The Doll 2 yang tayang 2017 dan The Doll 3 yang tayang 2022. Sekuel ini sama-sama menceritakan mengenai hantu boneka, tetapi dengan kisah dan jalan cerita yang berbeda-beda.

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.