Sukses

Kumpulan Kata Bijak untuk Orangtua Ketika Mendidik Anak

Kata bijak anak untuk orangtua baik digunakan untuk mengingatkan mengenai hak anak dan apa yang seharusnya dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan kata dan kalimat yang baik sangat penting untuk disampaikan orangtua kepada anak. 

Penyampaian dengan pemilihan kosa kata yang baik akan berpengaruh terhadap perilaku anak kepada orangtuanya. 

Namun, kata bijak untuk orangtua baik digunakan untuk mengingatkan mengenai hak anak dan apa yang seharusnya dilakukan pada buah hati. 

Kata bijak anak untuk orangtua ini muncul sebagai nasihat secara tidak langsung. Karena, betapa banyak orangtua yang abai dengan anaknya dan maunya menang sendiri.

Berikut ini adalah kumpulan kata bijak anak untuk orangtua yang bisa diambil pelajaran atau hikmahnya, dirangkum dari berbagai sumber: 

Jangan Bandingkan Aku dengan Anak Orang Lain

Sering kali orangtua tidak sadar melakukan hal yang menyakiti anak. Yaitu membandingkan anaknya dengan anak orang lain, misal anak temannya atau tetangganya. 

Padahal jika dirunut, segala kekurangan anaknya adalah hasil dari diri orangtuanya sendiri. Orangtua adalah role model anak.

Sebelum membandingkan anak kita dengan anak orang lain, maka coba cek diri kita. Apakah kita sebanding dengan orangtua anak tersebut. 

Jika kita tidak sebanding dengan orangtuanya, begitu juga dengan anak kita, maka tidak akan sebanding dengan anaknya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Mengharapkan Sesuatu yang Tidak Diajarkan kepada Anak

Kelangkaan bahasa tergantung pada orangtua apakah mengajarkannya pada anaknya atau tidak. Seperti kita jumpai bersama, bahwa kebanyakan Bahasa Jawa Krama sangat sedikit sekali penuturnya. 

Hal ini karena banyak orangtua yang bisa Bahasa Jawa Krama, tetapi enggan mengajarkannya pada anaknya. Yang ada, mereka hanya menuntut anaknya bisa Bahasa Jawa Krama tanpa diajari. 

Seseorang yang tidak pernah menanam kebaikan, maka tidak akan pernah menuai kebaikan. Ini berlaku untuk banyak hal. 

Kebaikan sekecil apa pun, semisal membuang sampah pada tempatnya, budaya antre, adalah hal yang harus diajarkan sedini mungkin. 

Kebanyakan orang buang sampah sembarangan karena orangtuanya tidak mengajarkan bagaimana pentingnya membuang sampah di tempatnya.

Berbuat Baiklah Padaku, Bahkan Sebelum Aku Dilahirkan

Mungkin bingung dengan kata-kata tersebut. Maksudnya, berbuat baik sebelum anak dilahirkan adalah dengan memilih istri yang baik pula. 

Karena bagaimana pun, istri inilah yang akan melahirkan anak. Jika istri jelek perangainya, maka akan menghasilkan sikap anak yang jelek perangainya pula dan sering kali berbuat jelek pada anak.

Di zaman seperti ini, sangat mudah menemukan wanita yang cantik secara wajah, tetapi akan sedikit kesulitan dan perlu kesungguhan untuk menemukan wanita yang “cantik” perilakunya. 

Jika menemukan wanita yang cantik luar dalam, maka pria itu termasuk orang yang beruntung.

Berilah Aku Kesempatan untuk Mengembangkan Potensi Diri

Secara fitrah, seorang anak kecil suka dengan kemandirian. Dia suka makan sendiri, meskipun berantakan. 

Dia juga suka mandi sendiri, meskipun mandinya kurang bersih. Dan masih banyak kegiatan lainnya yang mereka ingin melakukannya sendiri.

Sebagai orangtua, kita bisa memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan potensinya untuk bisa mandiri dalam banyak hal. 

Dengan memberikan kesempatan seperti ini, anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Tak hanya itu, seringkali justru anak yang sering dilayani, dia akan kesulitan jika beranjak dewasa kelak. 

Apalagi jika dia harus merantau. Biasanya disediakan semua, tiba-tiba dia harus melakukan semuanya sendiri. Ini sangat berat.

Itulah beberapa kata bijak anak untuk orangtua. Meskipun anak tidak mungkin mengatakan seperti itu ke orangtuanya. Namun, sebagai orangtua, juga harus menyadarinya terlebih dahulu tanpa harus diberitahu anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.