Sukses

Longsor Terjang Sitinjau Lauik, Jalur Padang-Solok Ditutup Total

Jalur Padang - Solok ditutup akibat longsor.

Liputan6.com, Padang - Jalur lintas Padang-Solok dilanda bencana longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Sabtu (20/8/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Basril mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 14.15 WIB, tepatnya di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan.

Akibat longsor itu, untuk sementara jalan Padang-Solok ditutup total, sebab material menghambat jalur lalu lintas.

"Petugas sudah di lapangan membersihkan material," katanya, Sabtu (20/8/2022).

Ia menyebut longsor Sitinjau Lauik terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Sumbar sejak pagi. "Ketinggian longsoran sekitar 2 meter, dan longsor juga terjadi di sejumlah titik di lokasi itu" ujarnya.

Material longsor juga menimbun satu unit warung yang terdapat di sisi jalan penghubung Padang ke sejumlah kabupaten dan kota lainnya itu.

Untuk membersihkan material longsor itu telah dikerahkan satu unit alat berat yang didatangkan dari Dinas PU Padang. Untuk ketinggian material longsor mencapai satu meter.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hampir merata di wilayah Sumbar.

"Hujan diperkirakan masih berpotensi terjadi hingga pukul 18.00 WIB," kata Kepala Seksisi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.