Sukses

Jangan Biarkan Kotor, Ini Cara Mencuci Beauty Blender dan Kuas Makeup

Berikut cara mencuci beauty blender agar tetap bersih dan awet

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengguna atau penggemar makeup pasti menggunakan alat tertentu untuk mengaplikasikan foundation dan beberapa complexion lainnya. Umumnya, alat yang paling sering digunakan adalah beauty blender dan brush atau kuas makeup.

Meskipun kedua alat tersebut digunakan untuk pemakaian pribadi, bukan berarti tidak perlu dicuci. Membiarkan alat tersebut kotor, dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit, seperti jerawat dan komedo.

Terlebih jika kamu bekerja sebagai makeup artist (MUA). Sudah pasti, kebersihan dua alat tersebut harus dijaga. Namun, membersihkan beauty blender dan brush tidak bisa sembarangan karena jika asal-asalan, alat bisa rusak dan kehilangan fungsinya.

Beauty blender

Beauty blender adalah alat makeup berbentuk spons atau busa yang berguna untuk mengaplikasikan dan meratakan foundation, concealer, dan produk makeup lainnya yang berbentuk krim. Beauty blender memiliki beragam bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing sekaligus untuk memudahkan menjangkau bagian-bagian di wajah.

Karena terbuat dari busa dan menyerap produk, hal ini membuat beauty blender menjadi mudah kotor dan rentan berjamur. Berikut cara mencuci beauty blender agar tetap bersih dan awet:

- Bersihkan dengan sabun, kamu bisa memilih sabun yang lembut seperti sabun bayi, sampo bayi, atau sabun pencuci muka.

- Gunakan air hangat untuk merendam beauty blender dengan sabun bayi

- Peras beauty blender agar produk terserap keluar, ulangi hingga air tidak lagi berwarna

- Keringkan beauty blender sebelum menyimpannya

Spons yang baik biasanya bertahan dalam kurun waktu tiga bulan. Pastikan kamu mencuci dan mengganti beauty blender secara berkala demi kebersihan wajah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuas Makeup

Brush atau kuas makeup

Dibanding beauty blender, brush lebih banyak digunakan untuk keperluan makeup. Tidak hanya foundation dan concealer, brush biasanya digunakan untuk mengaplikasikan bedak, eyeshadow, lipstik, dan lainnya.

Terdapat tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencuci kuas makeup:

1. Cara pertama

- Siapkan air hangat ke dalam wadah kecil

- Gunakan sabun bayi, sampo bayi, atau sabun pencuci muka dan tuang ke wadah

- Masukkan brush ke dalam wadah dan diamkan selama 15 menit

- Aduk rata brush di dalam wadah agar kotoran keluar dan bersih maksimal

2. Cara kedua

- Siapkan silicone mat

- Basahi brush dengan air

- Tuang sabun ke silicone mat

- Gosokkan brush ke silicone mat hingga sisa produk keluar

- Lakukan hingga tidak ada lagi sisa makeup yang tersisa pada brush

3. Cara ketiga

Ini adalah cara membersihkan brush paling praktis, yaitu menggunakan brush cleaning machine. Mesin ini berbentuk bulat kecil dan bisa membersihkan 3 brush dalam satu waktu.

Kamu hanya perlu menuangkan air dan sabun, letakkan brush, pencet tombol on, dan mesin pun akan berputar dan membersihkan brush seketika. Kamu bisa menemukan alat ini di beberapa e-commerce atau toko online.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.