Sukses

Rakernas Apeksi 2022, Persoalan Tenaga Honorer jadi Fokus Pembahasan

Liputan6.com, Padang - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV Tahun 2022 digelar pada tanggal 7-10 Agustus di Kota Padang, Sumatra Barat. Rakernas kali ini mengusung tema ‘Kota Kita Bangkit, yang Maju dan Bersinergi’.

Pelaksanaan Rakernas tersebut diawali dengan Welcome Dinner yang kemudian dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan bertempat di Hotel Truntum Kota Padang. Turut hadir lebih dari 90 wali kota dari total 98 kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendag mengajak agar seluruh pemerintah kota ikut bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi memajukan perdagangan Indonesia. Kemendag memiliki sejumlah program prioritas yang berfokus pada penguatan pasar dalam negeri dan peningkatan ekspor nonmigas.

"Keadaan pangan sangat menentukan stabilitas negeri kita. Wali kota harus memantau terus. Peran wali kota sangat menentukan, khususnya dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan," katanya.

Sementara Ketua Dewan Apeksi, Bima Arya, menyampaikan persoalan tenaga honorer menjadi salah satu fokus pembahasan dalam Apeksi 2022 ini.

Di mana para wali kota seluruh Indonesia sepakat untuk meminta pemerintah pusat meninjau ulang soal regulasi ditiadakannya tenaga honorer.

"Oya pada 2023 tenaga honorer tidak lagi bisa diberdayakan di lingkungan pemerintah daerah karena terganjak aturan dari pusat, ini yang akan kami bawa ke pusat nantinya bagaimana regulasi ini bisa ditinjau kembali," jelas Bima.

Selain itu pada Rakernas Apeksi ini, juga digelar pawai budaya yang digelar 9 Agustus 2022 di Pantai Cimpago Purus. Pawai budaya tersebut, menampilkan corak budaya dari setiap daerah masing-masing.

Ia berharap Rakernas Apeksi ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Padang khususnya.

Banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Rakernas kali ini diantaranya yaitu City Tour dan Penanaman Pohon. Kemudian Gowes Sepeda bersama yang dilanjutkan dengan Lomba membuat kuliner khas Minang yaitu membuat Rendang dan Teh Talua.

Di akhir acara Rakernas Apeksi 2022, dilaksanakan Peresmian Tugu Apeksi bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Padang, kemudian dilanjutkan dengan Seminar Nasional serta Pawai Festival Budaya Nusantara yang diikuti seluruh Kota se-Indonesia dengan menampilkan ragam budaya daerah masing-masing bertempat di jalan utama sepanjang Pantai Padang pada Selasa (9/8/2022) malam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS