Sukses

Hanya Ada 4 Rumah, Ini Gambaran Dusun Condro Pati yang Sepi dan Asri

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada cerita unik di balik salah satu daerah di Pati, Jawa Tengah. Pasalnya, hanya terdapat empat rumah saja di wilayah itu.

Daerah tersebut adalah Condro, Karangsumber, Winong, Pati, Jawa Tengah. Suasana yang sepi dengan hanya terdapat empat rumah warga saja, membuat suasasa di Condro terasa asri.

Rumah-rumah sederhana tersebut berbentuk limasan dengan masih beralaskan tanah. Tiga rumah besar berjajar di sebelah utara, satu rumah berada di sebelah selatan jalan, dan terdapat kandang hewan ternak di depan rumah warga.

Nama 'condro' memiliki arti sabdo atau 'disabdo' yang memiliki definisi kutukan. Secara turun temurun, Dusun Condro tidak pernah bertambah, sehingga tak pernah ramai.

Hal unik lainnya adalah, ketika anak dari pemilik rumah sudah berkeluarga dan berkeinginan menetap di dusun tersebut, maka mereka akan tetap tinggal di satu atap. Mereka tidak membangun rumah yang berbeda, melainkan bergabung dengan rumah yang sudah ada.

Jika mereka tetap ingin membangun rumah, maka pintu dari rumah tersebut tetap satu. Hanya saja, harus membangun rumah ke belakang atau seperti bergandengan dengan rumah sebelumnya.

Desa Condro masuk di RW 2 RT 4, Desa Karangsumber. Warga lain memilih pindah ke desa lain, sehingga membuat jumlah warga di Desa Condro semakin berkurang.

Meski demikian, warga percaya, jika rumah di dusun tersebut tidak boleh dari tujuh. Pasalnya, jika lebih dari tujuh rumah, maka akan mendapatkan malapetaka.

(Resla Aknaita Chak)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS