Sukses

Tekad Keras Sisingamangaraja XII Berperang Taklukkan Belanda

Liputan6.com, Jakarta - Patuan Bosar Sinambela atau yang dikenal dengan Sisingamangaraja XII lahir pada tanggal 18 Februari 1845. Dia merupakan seorang raja Negeri Toba yang dengan gigih terus berperang melawan Belanda. Sisingamangaraja XII merupakan raja Negeri Toba ke-12, dinasti Sisingamangaraja menggantikan ayahnya yang wafat akibat sakit. 

Pada awal pemerintahannya sebagai raja, Sisingamangaraja XII dihadapkan dengan permasalahan, di mana Belanda ingin menguasai wilayah yang menjadi kekuasaannya. 

Hal tersebut tentu saja menimbulkan kemarahan Sisingamangaraja XII. Hingga pada akhirnya Sisingamangaraja XII mengadakan rapat dengan para raja dan panglima yang ada di daerah Humbang, Toba, Samosir, dan Pakpak untuk melawan Belanda.

Konflik yang terjadi antara Belanda dengan Sisingamangaraja XII semakin harinya semakin memanas sampai pada akhirnya tidak dapat diselesaikan dengan baik-baik. 

Hingga pada tanggal 19 Februari 1878, Sisingamangaraja XII bersama dengan rakyat Tapanuli mulai meluncurkan serangannya terhadap pos Belanda yang ada di Bahal Batu.

Karena pertempuran yang tidak seimbang ini, pada akhirnya, Sisingamangaraja XII dan pasukannya kalah dan terpaksa harus mundur.

Karena perlawanan pasukan Sisingamangaraja XII yang masih besar membuat Belanda semakin gencar menaklukkan Sisingamangaraja XII hingga ke desa-desa. Belanda melakukan pembakaran serta menawan para raja yang ada di desa-desa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Taklukkan Belanda

Akibatnya, pertempuran ini meluas sampai ke berbagai daerah seperti Bakkara dan lainnya. Meskipun begitu, Sisingamangaraja XII tetap melakukan perang gerilya.

Pada Mei 1883, Sisingamangaraja XII kembali menyerang pos Belanda yang ada di Uluan dan Balige. Hingga pada tahun 1884, akhirnya kekuatan Belanda yang ada di Tangga Battu berhasil dikalahkan oleh Sisingamangaraja XII.

Tahun ke tahun diisi oleh pertempuran antara Sisingamangaraja XII dengan Belanda, hingga akhirnya terjadilah pertempuran yang sengit dan menewaskan hampir dari seluruh keluarga dan pasukan dari Sisingamangaraja XII.  

Sisingamangaraja XII dikenal sebagai raja yang keras sehingga tekadnya untuk menentang Belanda tidak mudah digoyahkan. Hingga akhirnya beliau wafat dan diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak 9 November 1961 berdasarkan SK Presiden RI No 590/1961.

 

Penulis: Eris Hopipah

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS