Sukses

Tips Investasi bagi Kaum Milenial dan Gen Z

Liputan6.com, Jakarta - Investasi merupakan salah satu bagian dari aktivitas masyarakat. Bahkan, saat ini investasi sudah tidak asing lagi didengar oleh para kaum milenial. 

Sekarang sudah banyak dari kalangan milenial yang mulai berinvestasi. Ragam produk investasi bisa menjadi pilihan bagi generasi milenial.

Dahulu kata investasi itu dipandang hanya untuk para pengusaha. Namun sekarang, karena teknologi yang terus berkembang investasi bisa dilakukan oleh para kaum milenial.

Semenjak berkembangnya teknologi juga tidak sedikit aplikasi bermunculan menawarkan produk investasi. Sehingga memberikan banyak kemudahan untuk para penggunanya. 

Meski begitu, sebaiknya sebelum berinvestasi kita juga harus mengenal investasi itu sendiri. Berikut tips investasi yang bisa digunakan oleh para kaum milenial supaya tidak salah mengambil langkah dalam berinvestasi.

Kenali Dulu

Untuk kalian kaum milienial, sebelum melakukan investasi sebaiknya kalian mengenali terlebih dahulu apa itu investasi. Karena pada dasarnya investasi juga membutuhkan ilmu, jika salah, maka uang kalian yang akan hilang.

Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum melakukan investasi hendaknya kalian mentukan tujuan untuk apa investasi ini. Tujuan ini juga harus dibedakan menjadi dua tujuan, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Produk Investasi

Setelah memiliki tujuan keuangan yang sudah dikategorikan berdasarkan jangka waktu pencapaian, maka selanjutnya kalian sudah bisa memilih produk investasi mana yang sesuai dengan kondisi keuangan kalian. 

Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada risiko sebuah instrumen investasi dan efektivitasnya dalam membantu Anda mencapai target dana yang sudah ditentukan.

Sesuaikan Risiko

Sebelum investasi, kita juga harus memahami risiko apa saja yang dimiliki di setiap produk investasi tersebut.

Strategi

Dengan memiliki strategi dapat membantu kita mengoptimalkan modal yang kita miliki agar bisa mencapai target investasi sesuai tujuan keuangan.

 

Penulis: Eris Hopipah

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS