Sukses

Nifas Setelah Melahirkan, Simak 5 Cara Perawatannya Berikut Ini

Liputan6.com, Bandung - Setelah melahirkan seorang ibu akan mengalami masa nifas. Masa ini sangat penting untuk ibu dan bayi. Seperti masa kehamilan, masa nifas juga perlu melakukan perawatan.

Nifas adalah masa penyesuaian dan pemulihan seorang ibu pasca melahirkan. Saat nifas, darah akan keluar dari vagina selama waktu 6-8 minggu dengan perubahan warna yang berbeda-beda. Masa ini sangat rawan bagi ibu jika tidak benar-benar dilakukan perawatan.

Menurut data Komdat (Komunikasi dan Data), pada tahun 2021 Angka Kematian Ibu (AKI) sebesar 1.180 dengan 36% kematian pada saat hamil dan nifas. Penyebabnya karena hipertensi dan pendarahan.

Pentingnya melakukan perawatan selama masa nifas. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan selama masa ini. Berikut lima cara melakukan perawatan selama masa nifas. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Caranya

1. Kontrol Masa Nifas

Menurut World Health Organization (WHO), sebaiknya pasca melahirkan seorang ibu perlu melakukan kontrol masa nifas minimal 4 kali. Pertama, 6-8 jam setelah persalinan. Kedua, 6 hari setelah persalinan. Ketiga, 2 minggu setelah persalinan. Keempat, 6 minggu setelah persalinan. Jika ingin kontrol lebih dari 4 kali diperbolehkan. Kontrol masa nifas ini untuk mengetahui perkembangan ibu dalam masa penyesuaian dan pemulihan.

2. Perhatikan Kondisi Fisik

Kondisi fisik merupakan hal yang harus diperhatikan juga selama masa nifas. Disarankan untuk istirahat yang cukup dan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan dibawah matahari pagi.

Kondisi klinis yang harus diperhatikan seperti perubahan payudara, tekanan darah, dan suhu. Jika terjadi hal yang tidak wajar segera pergi ke dokter. 

3. Perhatikan Kandungan Gizi

Selama masa nifas, kandungan gizi makanan juga harus diperhatikan. Pilih makanan yang mengandung gizi yang tinggi kalori, protein, mineral, dan vitamin. Makanan yang bisa dimakan seperti biji-bijian, buah, dan sayuran.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Jaga Kebersihan Diri

Jangan lupa untuk rajin menjaga kebersihan diri, terutama area vagina. Saat nifas akan banyak darah yang keluar, disarankan untuk rutin mengganti pembalut dan jangan menggunakan pembalut yang terlalu tebal. 

5. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan hal yang penting. Ibu yang baru melahirkan akan mengalami proses penyesuaian. Pada masa ini, kesehatan mental harus dijaga. Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran. Jangan lupa untuk minta dukungan keluarga untuk membantu dalam proses ini.

Itu dia cara perawatan selama masa nifas. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan selama masa nifas sampai benar-benar pulih kembali. Disarankan untuk rutin konsultasi ke dokter.

 

Penulis: Najwa Rahmadina