Sukses

Momen Gibran Rela Berlari Ngos-ngosan Bawa Obor ASEAN Para Games

Liputan6.com, Solo - Sepekan jelang pesta olahraga ASEAN Para Games XI 2022, digelar pawai obor di car free day Solo, Minggu (24/7/2022). Pawai obor sejauh lima kilometer itu ikut dimeriahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah artis.

Pukul 05.45 WIB, pawai sudah dimulai dari simpang empat Purwosari. Adalah Menparekraf, Sandiaga Uno menjadi yang pertama membawa obor.

Lantas obor api yang berasal dari sumber api Mrapen Grobogan ini diestafetkan secara bergantian oleh Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah artis seperti, Mario Lawalata, Rian D’Masiv, Erika Carlina, Deswita Maharani, Ferry Maryadi dan lainnya.

Iring-iringan kirab obor sempat mampir di Stadion Sriwedari yang berjarak kira-kira 2 kilomter dari titik start. Di sana rombongan kirab disambut sejumlah atraksi kesenian tradisional seperti reog, lembu sura, buto gedruk dan barong kemamang.

Sandiaga Uno membawa obor dengan berlari keliling lapangan yang diiringi para artis. Tak hanya arti, sejumlah atlet difabel juga turut serta membawa obor.

Setelah sempat dilakukan prosesi seremoni dan pertunjukan tarian ‘fire dance’, pawai obor kembali dilanjutkan menuju Balai Kota Solo. Sesampainya di Bundaran Gladag, obor diestafetkan kepada Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan dilanjutkan dengan Ketua INASPOC yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sempat Gagal Menyala

Pawai obor mendapat antusiasme tinggi dari warga yang hadir di car free day di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Tak sedikit yang ikut berlari dengan rombongan dan ada juga yang tak ingin ketinggalan momen itu dengan mengabadikannya melalui ponsel.

Kurang lebih dua jam, pawai itu berjalan, akhirnya tiba di balai kota. Lantas Gibran tampak ngos-ngosan karena berlari sejauh 5 kilometer itu langsung menuju panggung kaldron sambil membawa obor. Api obor tersebut langsung dinyalakan ke kaldron, namun gagal karena kendala teknis. Petugas panitia langsung mencoba memperbaikinya dan usaha Gibran untuk kedua kalinya menyalakan api kaldron dari obor berhasil.

Menparekraf, Sandiaga Uno mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Solo yang ikut menyambut dengan meriah torch relay ASEAN Para Games XI 2022. Menurutnya antusiasmu masyarakat yang hadir dalam kirab obor menjadi salah satu penyemangat menyambut acara pembukaan pesta olahraga yang diikuti atlet difabel dari kawasan Asia Tenggara.

Torch relay ASEAN Para Games ini diikuti para sport federation seluruh ASEAN. Dan yang terpenting juga masyarakat bisa memberikan support karena kita akan menyambut 1.800 atlet dari mancanegara yang kit aharapkan menjadi kebangkitan ekonomi dan pariwisata Kota Solo,” jelasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS