Sukses

Kerabat hingga Tukang Ojek Antusias Sambut Pembebasan Rusli Zainal

Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal akhirnya keluar dari Lapas Pekanbaru setelah mendapatkan pembebasan bersyarat dan disambut oleh keluarga, termasuk tukang ojek online.

Liputan6.com, Pekanbaru - Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal akhirnya keluar dari Lapas Pekanbaru setelah mendapatkan pembebasan bersyarat. Gubernur dua periode itu merupakan terpidana kasus suap PON Riau dan korupsi kehutanan dengan hukuman 10 tahun penjara.

Rusli Zainal keluar dari Lapas Pekanbaru pada Kamis pagi, 21 Juli 2022. Dia dijemput pakai mobil oleh pihak keluar sekitar pukul 07.00 WIB dan sempat singgah ke Badan Pemasyarakatan sebelum pulang ke rumahnya di Jalan Soekarno-Hatta.

Di kediamannya di Nirvana Residen, Rusli disambut puluhan kerabat. Tamu silih berganti datang, mulai dari teman hingga sejumlah mantan pejabat di Provinsi Riau.

Tak hanya petinggi di Riau, sejumlah warga biasa juga antusias menyambut suami dari anggota DPRD Riau, Septina Primawati itu. Salah satunya, tukang ojek online, Ponedi.

Ponedi mengenal Rusli Zainal sebagai orang yang pernah memimpin Riau. Sebelum masuk, Ponedi sempat tidak diperbolehkan masuk oleh sekuriti komplek.

"Saya tadi sempat berdebat sama satpam, masak saya tidak boleh ke rumah pemimpin saya, saya ini warga yang cinta dengan Pak Rusli, saya ingin menjumpainya, saya bilang begitu," kata Ponedi, Kamis siang.

Usai berdebat, akhirnya satpam membolehkan Ponedi masuk ke komplek. Kemudian Ponedi melihat keramaian di salah satu rumah dan menanyakan rumah mantan Gubernur Riau itu.

"Saya langsung minta izin masuk ke rumah Pak Rusli, saya salam dan peluk Pak Rusli, senang sekali rasanya," ucap pria berusia 50 tahunan itu.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambutan Hangat

Rusli menyambut Ponedi dengan senyuman dan mengajaknya makan siang bersama. Sebab, Ponedi datang ketika Rusli mengambil piring dan mau makan. Rusli kembali meletakkan piringnya dan menyalami Ponedi, lalu berfoto.

"Ayo makan dulu, sama-sama kita makan siang," kata Rusli ke Ponedi.

Namun, Ponedi menolak dan lebih memilih pergi karena niatnya bertemu Rusli sudah kesampaian. Ponedi yang lahir dan besar di Riau itu mengaku merasakan pembangunan di masa Rusli Zainal.

"Saya sudah jumpa Pak Rusli, senang sekali, beliau dulu jadi Gubernur banyak dibangunnya, jembatan, bandara, jalan mulus," kata Ponedi.

Rusli Zainal mengaku senang banyak warga yang masih ingat dengannya. Dia terbuka bagi siapa saja yang mau menemui ke rumahnya.

"Alhamdulillah, banyak yang datang," ucap Rusli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.