Sukses

Bermodal Proposal Masjid Palsu, Pengemis di Gorontalo Punya Simpanan Rp490 Juta

Rekening tersebut milik LH alias Lutfi, seorang pengemis yang kerap berkeliling di Kota Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Warga Gorontalo dihebohkan dengan penemuan dua buah buku rekening pengemis dengan total saldo mencapai angka Rp490 juta. Rekening tersebut milik LH alias Lutfi, seorang pengemis yang kerap berkeliling di Kota Gorontalo.

Lufti yang kini tinggal di Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, menghebohkan warganet. Bahkan, pengemis tersebut viral dan hingga kini masih diperbincangkan.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kelurahan Ipilo kemudian melakukan pemanggilan terhadap Lutfi. Tidak hanya pemerintah kelurahan, pihak kepolisian juga turut dihadirkan.

Dari hasil pertemuan tersebut, Lutfi mengaku jika uang tersebut didapatkan selama dirinya mengemis. Kurang lebih 13 tahun, uang itu kemudian disetorkan ke dua rekening yang berbeda.  

Terungkap pula, jika modus Lufti untuk mengemis dengan membawa sebuah proposal masjid yang dibuatnya sendiri. Selain itu, Lufti juga kerap memaksa warga untuk memberikan sumbangan itu.

Selain menggunakan proposal palsu, saat menjalankan aksi itu, dirinya menggunakan pakaian bekas dan kotor. Hal itu demi membuat warga yang melihat merasa iba kepadanya.

"Untuk modus, pengemis itu menggunakan proposal pembangunan masjid," kata Kapolsek Kota Timur, Ipda Imanuel Ivan Bagus Pratama Thaaba.

"Tadi, kami sudah minta yang bersangkutan membuatkan surat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya," Ipda Ivan menambahkan.

Sementara itu, Lufti mengaku uang yang dikumpulkan kerap dirampok oleh orang yang tidak dikenal. Kejadian itu dialaminya saat di jalan hingga di rumahnya sendiri.

"Biasanya ada orang yang sering rampas uang saya. Saat memasuki rumah dan di jalan," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.