Sukses

Mudik, Lebih dari 11 Ribu Kendaraan Tinggalkan Medan Lewat Gerbang Tol Tebing Tinggi

PT Jasamarga Kualanamu Tol mencatat peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan di exit Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi pada momentum mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Tebing Tinggi PT Jasamarga Kualanamu Tol mencatat peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan di exit Gerbang Tol Tebing Tinggi pada momentum mudik Lebaran 2022.

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Teddy Rosady, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com menjelaskan, tercatat lebih dari 11 ribu kendaraan meninggalkan Kota Medan melalui Gerbang Tol Tebing Tinggi pada H-4 Lebaran atau 28 April 2022.

"Meningkat 42 persen dibandingkan lalu lintas normal November 2021 sebesar 8 ribu kendaraan," kata Teddy, Jumat (29/4/2022).

Pada Gerbang Tol Amplas juga mengalami peningkatan, yaitu tercatat 22 ribu kendaraan masuk melalui Gerbang Tol Amplas atau meningkat 24 persen dibandingkan lalu lintas normal November 2021 sebesar 18 ribu kendaraan.

"Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi jelang puncak arus mudik di wilayah Sumatera Utara yang diprediksi jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengunjung Rest Area Meningkat

Diterangkan Teddy, peningkatan volume lalu lintas juga tergambar dari meningkatnya pengunjung Rest Area Km 65 A (arah Tebing Tinggi). Tercatat lebih dari 90 persen keterisian kapasitas parkir kendaraan kecil, dan 65 persen keterisian kapasitas parkir kendaraan besar.

Pihak Jasa Marga, lanjut Teddy, mengimbau masyarakat dapat mengantisipasi waktu perjalanan untuk menghindari kepadatan lalu lintas. Manfaatkan waktu istirahat di rest area secara optimal, tidak lebih dari 30 menit serta selalu terapkan protokol kesehatan selama berada di rest area.

"Demi keselamatan, patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas, serta ikuti arahan petugas di lapangan. Download aplikasi travoy untuk informasi terkini seputar jalan tol Jasa Marga Group dan layanan selama berkendara," imbaunya.

3 dari 4 halaman

Sudah Diprediksi Sebelumya

PT Jasamarga Kualanamu Tol telah memprediksi terjadinya peningkatan lalu lintas secara signifikan pada Gerbang Tol Tebing Tinggi, yang merupakan gerbang tol terakhir di jalur lintas Sumut.

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Teddy Rosady, pada Kamis, 28 April 2022 mengatakan, sebanyak 250,605 kendaraan diperkirakan akan keluar melalui Gerbang Tol Tebing Tinggi pada periode 25 April sampai 10 Mei 2022 atau H-7 sampai dengan H+7 Lebaran 2022.

"Sedangkan jumlah kendaraan yang akan masuk melalui Gerbang Tol Tebing Tinggi sebesar 254,158 kendaraan pada periode yang sama," katanya.

Disampaikan Teddy, total volume lalu lintas tersebut naik hingga 56 persen jika dibandingkan lalu lintas di hari normal periode Februari dan Maret 2022. Puncak arus mudik Lebaran diprediksi akan terjadi pada tanggal 29-30 April 2022.

"Untuk puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 7-8 Mei 2022," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Langkah Antisipasi

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Teddy Rosady menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas. Dari sisi layanan transaksi, ditambah petugas layanan transaksi.

"Kemudian memanfaatkan gardu reversible, mengalokasikan 4 mobile reader tambahan untuk mempercepat transaksi di gerbang tol," sebutnya.

Dari sisi layanan pemeliharaan, beberapa perbaikan dan pemeliharaan ditingkatkan menjelang periode Lebaran 2022, seperti memastikan kondisi permukaan jalan tidak berlubang, memastikan keberfungsian sarana kelengkapan jalan.

"Kita juga memastikan lampu penerangan jalan hingga menghentikan sementara aktivitas konstruksi di sepanjang jalan tol sesuai arahan Menteri PUPR," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.