Sukses

Info Mudik: Bisa Dipakai Pemudik, ke Majalengka Kini Bisa via Tol Cisumdawu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) sudah bisa digunakan untuk mudik oleh masyarakat pada momentum arus mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) sudah bisa digunakan untuk mudik oleh masyarakat pada momentum arus mudik Lebaran 2022. Pemudik bisa melalui Exit Tol Cimalaka atau seksi tiga Jalan Tol Cisumdawu, tanpa harus melewati jalur Cadas Pangeran.

"Untuk jalur Cisumdawu yang sering ditanyakan media, itu sudah boleh dipergunakan sampai Exit Tol Cimalaka," kata Ridwan Kamil usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu seksi 1-3, maka pemudik yang akan menuju ke arah Sumedang dan Majalengka tidak perlu lagi melewati Cadas Pangeran dan bisa memanfaatkan Tol Cisumdawu hingga ke Exit Tol Cimalaka.

"Kepada pemudik dari arah Sumedang ke Majalengka tidak usah lewat Cadas Pangeran, karena bisa langsung ke jalur Cisumdawu. Itu kabar baiknya," ucap eks Wali Kota Bandung itu.

Adapun Jalan Tol Cisumdawu yang bakal digunakan jalur pemudik sebelumnya baru bisa dilakukan untuk seksi 1 yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan.

Hal itu disebabkan karena pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan kontraktor masih mencoba mengatasi sejumlah kejadian longsor di beberapa ruas Tol Cisumdawu. Peresmian seluruh seksi Jalan Tol Cisumdawu baru akan dilakukan pada Juni 2022 mendatang.

Perlu diketahui, Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari beberapa seksi. Exit Tol Cimalaka sendiri masuk ke dalam seksi tiga Jalan Tol Cisumdawu.

Adapun seksi pertama meliputi Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,40 km, seksi dua Pamulihan-Sumedang 17,050 km, dan seksi tiga Sumedang-Cimalaka 4,05 km, seksi empat Cimalaka-Legok, seksi lima Legok-Ujungjaya, dan seksi enam Ujung Jaya-Dawuan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.