Sukses

Ganjar Renovasi 6.600 Rumah Tak Layak Huni dalam 4 Bulan

Adapun bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp20 juta dan paket sembako, hasil kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali memberikan bantuan untuk rumah tidak layak huni (RTLH) bagi warga tidak mampu di Jalan Kuwasen Rejo RT 4 RW 4 Kecamatan Gunungpati, Kelurahan Pongangan, Kota Semarang.

Adapun bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp20 juta dan paket sembako, hasil kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kali ini, giliran Ibu Karwi dan Ibu Bagyo yang dibantu Ganjar untuk merenovasi rumah mereka yang sudah tidak layak ditempati.

Karwi yang sehari-hari bekerja sebagai tukang aduk semen ini, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Ganjar. Dia bilang, saat hujan rumahnya sering bocor, sehingga menimbulkan genangan air di dalam rumahnya.

"Saya sebelumnya berterima kasih. Kerjaku proyek ngaduk semen demi anakku. Ya pokoknya minta direnovasi, biar nggak bocor lagi biar nggak kehujanan. Kalau hujan angin, aku lari ke rumah tetangga," ujar Karwi, Rabu (6/4/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Gotong Royong

Seperti diketahui, program bantuan RTLH tahun 2022 di Provinsi Jawa Tengah hingga hari ini sudah hampir mencapai 6.600 unit dari target 11.417 unit rumah.

Dalam proses pembangunannya, RTLH menggunakan anggaran gotong royong yang tidak hanya berasal dari APBD saja, tetapi juga dari pihak lain yang ingin membantu.

"Ini masih jadi duit, semoga besok jadi bangunan. Terus ini sembakonya juga. Ya saya minta RT-nya dan lurahnya di sini tolong didampingi, sambil gotong royong sama warga," tutur Ganjar saat mengunjungi RTLH, Rabu (6/4/2022).

Ganjar juga menyalurkan bantuan ke Yayasan Darul Quro' Annafi'ah, yang berlokasi di Desa Karanggeseng RT.03/RW.02, Kelurahan Sumurrejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Di sini, Ganjar membagikan sejumlah uang tunai dan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan anak asuh selama bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.