Sukses

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Ini Tempat Wisata Gunung Merapi yang Masih Bisa Dikunjungi

Jangan khawatir masih ada objek wisata di lereng Gunung Merapi yang tetap dapat dikunjungi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dampak meningkatnya aktivitas Gunung Merapi menyebabkan beberapa objek wisata lereng Gunung Merapi ditutup untuk sementara. Namun, jangan khawatir masih ada objek wisata di lereng Gunung Merapi yang tetap dapat dikunjungi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata Gunung Merapi yang masih aman dikunjungi.

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang terletak di kaki Gunung Merapi sisi selatan pada ketinggian 900 m dari permukaan laut. Taman Wisata Kaliurang berada di 28 km dari Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Hargobinangun, Pakem Sleman, Yogyakarta.

Taman Wisata Kaliurang ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, untuk anak-anak ada taman rekreasi yang berisi aneka permianan anak. Ada kolam renang mini, ayunan, papan luncur, dan berbagai macam permainan yang menyenangkan.

Bagi wisatawan yang merasa tidak cocok berada di taman bermain anak ini, dapat mencoba ke Taman Wisata Plawangan Turgo yang masih satu kawasan. Ditempat ini ada beragam tempat yang juga menyajikan pemandangan yang indah.

Wisatawan dapat menyusuri hutan Plawangan dan menikmati pemandangan di Puncak Pronojiwo. Jika cuaca sedang cerah wisatawan dapat menikmati pemandangan puncak merapi yang sangat fenomenal tersebut.

Setelah puas dengan keindahan puncak Merapi wisatawan dapat menikmati air terjun yang dinamai Tlogo Muncar. Meski tidak begitu deras aliran airnya, Tlogo Muncar memiliki air yang segar.

Secara keseluruhan area hutan wisata Kaliurang ini juga dapat digunakan sebagai arena outbond.

Untuk berkeliling area wisata yang dekat dengan Gunung Merapi ini juga ada kendaraan semacam kereta yang ditarik oleh semacam mobil yang dibentuk seperti kereta api hanya dengan membayar Rp 3.000  per orang atau Rp 20.000 per rombongan yang terdiri dari 7 orang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Museum Terbuka Bakalan

2. Museum Terbuka Bakalan

Museum Terbuka Bakalan berada di Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman. Museum ini sekaligus sebagai tetenger atau penanda erupsi Merapi tahun 2010 dengan tema “Sirno Jalmo Lenaning Paningal”.

Wisatawan dapat melihat lagi sisa-sisa kedahsyatan erupsi Merapi kala itu dengan masih berdirinya rangka bangunan yang tersapu awan panas. Selain itu material vulkanik Merapi seperti pasir dan batu berukuran besar juga masih ada di sana.

Museum Terbuka Bakalan dapat menjadi wisata edukasi dan wisata mitigasi bencana. Tempat ini cocok untuk menambah ilmu pengetahuan  bagi pengunjung yang datang ke Kabupaten Sleman.

 

3 dari 5 halaman

Kopi Merapi

3. Kopi Merapi

Salah satu potensi alam yang perlahan sukses menjadi ikon wisata di lereng Gunung Merapi adalah hadirnya Kopi Merapi. Kopi ini dihasilkan dari perkebunan kopi di lereng Gunung Merapi.

Wisatawan dapat menikmati kopi asli hasil perkebunan lereng Gunung Merapi, salah satunya langsung di Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Kedai Kopi Merapi yang dikelola oleh salah satu petani kopi di lereng Gunung Merapi.

Kedai kopi ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi. Selain bisa menjajal kenikmatan kopi merapi, pengunjung atau wisatawan juga bisa langsung melihat perkebunan kopi di lereng Gunung Merapi.

Kebun kopi ini tersebar di area utara Gunung Merapi. Untuk sampai di kebun ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan dengan jalan kaki sekitar 20 menit dari warung kopi Merapi.

Bila beruntung, wisatawan bisa ikut memanen kopi sendiri. Untuk sampai lokasi wisata edukasi kopi di lereng Gunung Merapi, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Biasanya, sebelum memulai perjalanan wisata ke kebun kopi, para wisatawan bakal dijamu dengan secangkir kopi panas yang nikmat. Beberapa camilan khas pedesaan juga disajikan, seperti kacang tanah, ketela goreng, dan pisang goreng.

Sembari menunggu giliran ke kebun kopi, bila sedang cerah cuacanya, wisatawan bakal dimanja dengan landscape Gunung Merapi yang indah.

 

4 dari 5 halaman

Merapi Golf

4. Merapi Golf

Tidak hanya kota besar seperti Jakarta yang punya lapangan golf dengan berbagai fasilitasnya, di Yogyakarta juga ada arena golf di Merapi Golf Course. Tempat ini adalah pilihan yang tepat jika wisatawan ingin bermain golf sekaligus rekreasi untuk menyegarkan pikiran dari penat dan stres.

Wisatawan dapat bermain golf diantara rindangnya hutan alami dengan pepohonan yang hijau ditambah gagahnya gunung Merapi. Tempat olahraga yang dekat dari kawasan wisata Kaliurang ini menyediakan landscape yang berbukit–bukit, sehingga permainan golf anda akan semakin seru dan menantang dengan adanya arena yang menantang untuk memasukkan bola golf ke hole.

Landscape Merapi Golf juga dihiasai dengan adanya batuan gunung purba. Tidak heran apabila tempat ini menjadi tempat terfavorit para pemain golf di Jawa Tengah dan juga mancanegara.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang super indah serta udara yang sejuk dan bersih, Merapi Golf juga menawarkan penempatan hole serta bunker baik bagi pemain golf profesional maupun pemula. Ada sekitar 18 hole yang terdapat di lapangan Merapi Golf.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup lengkap, mulai dari tersedianya ruang loker, ruang lobi, mobil golf, ruang pertemuan, ruang VIP, toilet, dan tersedia juga layanan reservasi secara online. Merapi Golf Course memiliki lahan parkir yang sangat luas.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga menyediakan layanan penjemputan gratis bagi para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini, tetapi tidak mempunyai kendaraan pribadi. Dengan menggunakan layanan penjemputan gratis ini wisatawan akan sampai di Merapi Golf dalam waktu yang lebih cepat dan nyaman.

Untuk harga reguler, pada hari kerja khusus Senin hingga Kamis harga yang harus dibayar untuk bermain golf sebesar Rp687.500 per pax, sedangkan khusus hari Jumat dikenakan harga Rp 1.017.500 per pax, hari Sabtu harganya menjadi Rp1.347.500 per pax dan hari Minggu sebesar Rp1.237.500 per pax.

Selain harga reguler tersebut, Merapi Golf Course juga menyediakan paket bagi para tamu yang berdomisili di wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Tamu dari ketiga kota ini bisa mengambil dan menggunakan paket joglosemar yang lebih murah dari harga reguler pada hari kerja.

Para tamu bisa mengambil paket joglosemar ini hanya dengan harga Rp450.000,00 per pax. Paket ini hanya berlaku pada hari Senin dan Selasa.

 

5 dari 5 halaman

Jeep Lava Tour

5. Jeep Lava Tour

Lava Tour Merapi dapat menjadi salah satu pilihan terbaik saat menyambangi wilayah Sleman, Yogyakarta. Para wisatawan akan diajak bertualang dengan mobil jenis jip untuk menikmati pemandangan lereng Merapi sekaligus mengunjungi tempat-tempat yang terdampak erupsi pada 2010.

Untuk bisa menikmati tur ini, wisatawan dapat datang langsung ke kawasan Kaliurang dan Kaliadem yang berada di Kecamatan Cangkringan maupun Pakem, Kabupaten Sleman. Tidak sulit untuk pergi ke Lava Tour Merapi karena tidak terlalu jauh dari pusat kota, arahkan kendaraan ke utara untuk menyusuri Jalan Kaliurang.

Lava Tour Merapi buka sejak dini hari hingga menjelang sore. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan di sini adalah ketika musim kemarau. Namun, dengan kondisi Gunung Merapi saat ini, wisatawan dilarang untuk menikmati tour ini menuju bukit Klangon dan bungker Kaliadem.

Datang bersama rombongan, wisatawan dapat memilih paket wisata dengan harga yang beragam. Setiap paket sudah termasuk dengan tiket masuk untuk sejumlah titik pemberhentian, sehingga wisata ini lebih cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman.

Paket yang tersedia antara lain sunrise trip dengan durasi tiga jam dengan tarif Rp 450.000 per jip. Short trip untuk empat orang dengan durasi satu setengah jam seharga Rp350.000 per jip, serta super long trip untuk durasi 3–3,5 jam seharga Rp650.000 per jip.

 

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.