Sukses

Jurus ATMI Solo Lahirkan Tenaga Ahli Pemasangan PLTS

Politeknik ATMI Surakarta siap melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang mampu menjadi tenaga ahli pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia.

Liputan6.com, Solo - Politeknik ATMI Surakarta siap melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang mampu menjadi tenaga ahli pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia. Hal ini seiring dengan target pemerintah Indonesia yang mengejar target penerapan energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025.

PT Tripower Solar Nusantara menggandeng Politeknik ATMI Surakarta untuk bekerja sama. Mereka menandatangani nota kesepahaman untuk pelatihan dan pengembangan Mahasiswa Politeknik ATMI untuk dipersiapkan sebagai tenaga ahli pemasangan PLTS di seluruh Indonesia, Jumat (25/2/2022). Pada saat yang sama juga dilakukan Pemasangan PLTS di atap gedung Politeknik ATMI Surakarta yang berpotensi mencapai 1 MW.

Menurut Direktur Politeknik ATMI Surakarta Andreas Sugijopranoto, kerja sama ini menjadi sebagian tugas dan tanggung jawab menjaga bumi dan memelihara lingkungan hidup. Terlebih, penggunaan PLTS bisa mempenaruhi dampak perubahan iklim karena menggunakan tenaga surya.

Ia berharap kerja sama ini bisa berlangsung lama dan membawa manfaat.

“Selain dosen, mahasiswa juga dapat terlibat langsung dalam pengembangan teknologi dan tenaga ahli instalasi PLTS,” ujarnya.

Sementara, CEO PT Tripower Solar Nusantara Tedi S. Wintoko meyakini sinergitas di Solo ini merupakan sebuah model kerja sama yang strategis dan dapat menjawab tantangan dan target pemerintah untuk mencapai EBT 23 persen pada 2025.

Ia menyebutkan, ada ratusan lulusan ATMI Solo setiap tahun. Kualitas dan kemampuan lulusan ATMI juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti selama ini lulusan ATMI Surakarta tersebar di seluruh Indonesia sebagai tenaga ahli di berbagai perusahaan berkelas.

“Jika sebagian saja dibekali dengan keterampilan sebagai applicator atau pemasang instalasi PLTS Atap, maka pemasangan PLTS Atap akan dapat dikerjakan secara luas dengan tenaga ahli,” ucapnya.

Instruktur dan dosen-dosen di Politeknik ATMI Surakarta juga telah memulai rangkaian pelatihan yang dipimpin Aditya Perdana, Chief Operating Officer PT Tripower Solar Nusantara. Instruktur, dosen, dan mahasiswa langsung dilibatkan dalam penyusunan feasibility study dan kegiatan instalasi PLTS ATAP di ATMI Surakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.