Sukses

Waspada, Omicron Sudah Masuk Bengkulu

Herwan Antoni mengatakan, ini merupakan kasus pertama [omicron](4880104 "") yang menyasar ke Bengkulu. Dua dari tiga kasus pertama ini terkonfirmasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Liputan6.com, Bengkulu - Warga Bengkulu wajib waspada, setelah hening beberapa waktu, saat ini virus Covid-19 varian Omicron sudah menyasar ke wilayah tersebut. Setidaknya sudah ada 3 orang warga Bengkulu dinyatakan positif terpapar berdasarkan hasil uji laboratorium.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, ini merupakan kasus pertama omicron yang menyasar ke Bengkulu. Dua dari tiga kasus pertama ini terkonfirmasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Satu orang lagi tercatat sebagai Ibu Rumah Tangga.

"Ketiganya pulang dari perjalanan dari Jakarta ke Bengkulu," ujar Herwan di Bengkulu Rabu 9 Februari 2022.

Data Satgas Covid-19 Bengkulu menyebutkan, kasus pertama memapar perempuan berusia 34 tahun yang berstatus sebagai ibu rumah tangga. Kasus kedua menyasar perempuan berusia 22 tahun yang bekerja sebagai ASN vertikal asal Tanggerang Selatan. Sedangkan kasus ketiga menyasar pria usia 54 tahun asal Bogor yang juga bekerja sebagai ASN instansi vertikal.

 

Menurut Herwan, pihaknya mengirimkan 8 sampel pasien RSUD M Yunus Bengkulu yang dinyatakan positif Covid-19 yang terduga terpapar varian omicron pada tanggal 27 Januari lalu Laboratorium Litbangkes Kementrian Kesehatan RI di Jakarta. Satgas Covid-19 Bengkulu sudah menerima hasil 5 dari 8 sampel yang dikirim tersebut. Hasilnya 3 pasien dinyatakan positif omicron dan 2 hanya terpapar virus Covid-19.

Ketiga pasien positif omocron tersebut saat ini sudah melaksanakan isolasi mandiri. pihaknya mengharapkan dukungan dari semua pihak supaya pemulihan kondisi kesehatan dan mentalnya bisa berjalan dengan baik.

Ketua Komisi IV bidang pendidikan dan kesehatan DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Exler mengatakan, masuknya varian omicron ke Bengkulu ini harus disikapi secara bijaksana. Jangan sampai membuat masyarakat panik dan mengambil sikap yang diluar kendali.

"Tetap waspada tapi jangan berlebihan dan menimbulkan kepanikan," tegas Dempo.

Dia juga berharap kepada Satgas Covid-19 Bengkulu untuk melaksanakan pemantauan secara terus-menerus. Terutama para pasien yang sudah menunjukkan gejala Covid-19 mengarah kepada omicron yang memiliki riwayat perjalanan dari luar kota maupun luar negeri.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.