Sukses

Jalan-jalan ke Kalimantan Selatan, Ada 64 Kegiatan Pariwisata di Tahun 2022

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalsel luncurkan Calender of Event (CoE) Kalsel Tahun 2022.

Liputan6.com, Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalsel luncurkan Calender of Event (CoE) Kalsel Tahun 2022. Ada 64 agenda kepariwisataan di Kalsel segara dilaksanakan pada tahun ini.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor berikan sambutan atas peluncuran CoE Kalsel Tahun 2022 dalam lampirannya. Harapan dalam pendokumentasian dan publikasi CoE dalam bentuk buku ini mampu menjadi panduan dan sumber informasi.

"Terbitnya buku kalender event pariwisata ini juga kita harapkan dapat mendorong kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara ke Kalimantan Selatan, dunia juga perlu mengetahui jika event pariwisata di sini sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia," sebut Sahbirin.

Event-event yang disuguhkan tentu mempunyai keunikan dan tidak ditemukan di wilayah lain di Indonesia, seperti Festival Pasar Terapung. Festival ini menyuguhkan keragaman budaya sungai yang tumbuh dan berkembang sejak ratusan tahun silam.

Destinasi wisata yang tidak kalah menariknya juga bisa dinikmati dari wisata alam dan pegunungan seperti Bamboo Rafting di Lokasado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, wisata religi dan mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan batu permata.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin menjelaskan peluncuran buku CoE Kalsel 2022 tersebut yang telah dilaksanakan pada November 2021 silam di Senggigi, Nusa Tenggara Barat. Pemilihan lokasi peluncuran di luar Kalimantan Selatan memiliki maksud tersendiri.

"Peluncuran CoE Kalsel 2022 dilaksanakan di Senggigi, Lombok Barat yang merupakan kawasan pariwisata nasional, kita pilih daerah ini karena merupakan salah satu pintu masuk waisatawan mancanegara datang ke Indonesia," sebut Syarifuddin, Kamis (3/2/2022).

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi Lengkap

Dengan diterbitkannya CoE atau Kalender Event 2022, diharapkan agar pembaca dapat menambah informasi wisata secara lengkap, terkini dan menyeluruh tentang acara yang ada di seluruh Kalimantan Selatan. Langkah ini disebutkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus menarik minat investor untuk mengembangkan potensi pariwisata di Kalimantan Selatan.

64 event tersebut merupakan agenda pariwisata dari seluruh kabupaten kota di Kalimantan Selatan Tahun 2022. Berbagai kategori event seperti Wisata Alam, Budaya dan Religi.

Kemudian pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXIX di Kalsel akan memberikan dampak tersendiri untuk pariwisata. Momentum kegiatan nasional tersebut akan mendatangkan ribuan orang dari berbagai daerah dan bahkan dari negara tetangga.

"Dalam persiapan MTQ ini, kita dari Dinas Pariwisata ini diminta untuk menyiapkan tempat-tempat destinasi unggulan, kita ingin mengenalkan destinasi unggulan yang ada kepada para kafilah-kafilah maupun tamu dari negara tetangga," kata Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin.

Sejumlah destinasi yang dimaksudkan yakni untuk budaya di Pasar Terapung Siring Banjarmasin, kemudian juga ada Pasar Terapung di Lok Baintan dan Muara Kuin. Kemudian untuk destinasi alam yakni di Taman Hutan Rakyat (Tahura).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.