Sukses

Gejala Mirip Omicron, Sampel Spesimen 4 Pasien di Bangkalan Dicek Ulang ke Surabaya

Sepekan terakhir, kasus Covid-19 di Bangkalan naik.

Liputan6.com, Bangkalan - Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, meningkat. Data Dinas Kesehatan setempat mencatat ada 18 kasus aktif dalam sepekan terakhir.

"Jadi trendnya dalam satu minggu ini mulai naik. Di Bangkalan kasus tambahan terbanyak terjadi kemarin. Ada 8 kasus positif. Sehingga total kita ada 18 kasus pasien saat ini," Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo, Rabu (2/2/2022).

Menurut Sudiyo, dari jumlah itu, ada 3 pasien masih dirawat di rumah sakit dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

Keempat pasien ini, kata dia, mendapat perhatian khusus, sebab hasil pemeriksaan CT of Valuenya itu di bawah 30. Jika merujuk surat edaran kementerian kesehatan, pasien yang CT Valuenya di bawah 30 maka spesimennya harus diperiksa lebih lanjut ke laboratorium Surabaya.

"Pemeriksaan lanjutan ini untuk menentukan jenis Omicron atau bukan," ujar dia.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Prokes

Melihat situasi saat ini, Sudiyo mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Sebab, kata dia, meski sebagian besar pasien di Bangkalan adalah pasien komorbid atau memiliki penyakit bawaan serta berusia lanjut, tetapi ada kasus Covid-19 juga menyerang anak muda, seperti kasus di Kecamatan Modung.

"Anak muda ini terpapar dari familinya yang saat ini sedang dirawat di RS PHC Surabaya. Dia menjenguk kemudian terpapar di sana. Untuk yang lainnya sebagian berdomisili di Jakarta namun ber-KTP di Bangkalan," Sudiyo menandaskan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.